Diet yang Tepat di Kala Haid

0
195

 

Diet yang Tepat itu di Kala Haid. Mengapa?

Jika pasangan Anda terlihat moody pada saat Anda haid, kemungkinan ia tertular. Pada beberapa situasi haid biasanya merasakan nyeri, kram perut, pusing, mual, maupun kurang gairah? Hari pertama menstruasi, hormon pencipta rasa lapar mengalami pengurangan. Estrogen ternyata pangkal keladi rasa ketagihan terhadap nikotin.

 

Menstruasi sering juga disebut haid, yakni keluarnya darah kotor pada perempuan dari ovum yang tidak bertemu dengan spermatozoid. Pada siklus normal, menstruasi dialami bagi para calon ibu dengan tenggang waktu satu bulan. Bagi kaum hawa masa haid bisa menjadi saat-saat yang tidak disenangi.

Belum lagi, pada masa datang bulan ini ada beberapa risiko yang mengikutinya. Risiko tersebut biasanya seperti merasakan nyeri seperti kram perut, pusing, mual, maupun kurang gairah dalam melaksanakan aktivitas rutinnya.

Lebih dalam lagi, pada waktu mengalami masa haid juga bisa dijadikan suatu alasan yang ditujukan untuk pria mengapa kita bisa bertingkah menyebalkan. Semua itu risiko. Mungkin di antara kita ada yang aneh baik emosi, tingkah laku, maupun kejadian? Berikut fakta unik seputar masa menstruasi yang selalu dialami kaum hawa setiap bulannya secara normal.

  • Pada minggu pertama haid, masa ini tepat sekali untuk melakukan diet. Sesuai hasil studi yang dilakukan di Universitas Tufts, pada hari-hari pertama menstruasi, hormon pencipta rasa lapar pada tubuh kita tengah mengalami pengurangan. Dengan kondisi yang demikian maka asupan makan kita setidaknya telah berkurang sekitar 12 persennya. Nah, pada situasi yang serba mendukung ini mestinya kita bisa memanfaatkan waktu untuk berdiet. Ini cocok sekali bagi yang cepat mau menurunkan berat badan atau setidaknya yang mengalami obesitas.
  • Bagi Anda yang suka merokok, pada kondisi yang begini sebaiknya tidak merokok dulu. Pada awal datang bulan sampai pertengahan menstruasi. Hasil sebuah studi signifikan yang digelar di Universitas Minnesota, pada 2008 menunjukkan bahwa estrogen ternyata merupakan pangkal keladi atas rasa ketagihan terhadap suatu zat tertentu. Di antaranya seperti nikotin. Pada pertengahan masa menstruasi, hormon estrogen pada perempuan mengalami proses penurunan sehingga kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk menyikapi dan membudayakan hidup sehat dengan tidak dan meninggalkan kebiasaan merokok.

 

  • Sikapi dengan baik, pada saat datang bulan bisa membuat lidah kaku. Hasil studi berbobot yang dilakukan oleh Universitas Minnesota, bahwa hormon progesterone pada perempuan saat datang bulan berpengaruh pada kemampuan verbal. Sikapi dan tanggapi secara dini agar tidak kaku untuk menyikapinya. Jangan bingung bila merasa sulit untuk berlisan saat datang bulan. Selain kaku untuk berbicara dengan keluarnya hormone progesterone juga kadang menyebabkan perut berkontipasi atau kembung. Untuk mengantisipasi hal-hal ini, pada saat menstruasi kaum hawa seyogiyanya banyak minum air putih dan makan makanan yang banyak mengandung serat. Kondisi serta metabolism dan kesehatan tetap akan terjaga.
  • Pada saat datang bulan ternyata sindrom pramenstruasi dapat menular PMS atau sindrom pramenstruasi ternyata bisa menular. Suatu misal, jika pasangan terlihat moody pada saat Anda haid, kemungkinan ia tertular. Terdapat banyak bukti bahwa hormone testosterone berfluktuasi setiap bulannya juga menimbulkan gejala mirip PMS pada pria, kata psikoterapis Jed Diamond, dalam bukunya yang bertajuk Male Menopause, dengan lisensi lembaga kesehatan dunia.

 

  • Jangan heran jika Anda dan sahabat dekat atau teman sekamar mengalami masa haid yang sama. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan sinyal kimia pada tubuh seorang perempuan dapat ditangkap oleh tubuh perempuan lainnya.

Semua itu bukan hal yang aneh lagi di dunia kesehatan, tidak usah khawatir. Bagaimana dengan risiko dan siklus haid Anda?

 

Created : Sulis Sutrisna, Annisa Kh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here