Sarapan Sehat Dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

0
240

Ketika kita bangun di pagi hari, lalu melakukan sarapan pagi yang sehat, berarti kita telah siap menjalani aktivitas sepanjang hari. Sebab, salah satu manfaat sarapan adalah memberikan energi untuk memulai hari baru dengan semangat serta badan yang kuat. Dengan sarapan sehat, berarti kita siap untuk meningkatkan konsentrasi otak dan kinerja sepanjang hari.

Syarat mengkonsumsi sarapan yang sehat tidak berarti harus makanan yang mahal atau berjumlah banyak. Menu sarapan sehat adalah yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air.

Sarapan pagi merupakan asupan makanan pertama yang kita masukkan ke dalam tubuh setelah puasa ketika tidur di malam hari. Saat sarapan, otak kembali mendapat asupan nutrisi. Ketika menerima asupan makanan dan nutrisi, otak mendapat sinyal bahwa tubuh sudah siap memulai aktivitas hari ini. Otak pun akan membangunkan sistem di tubuh dan memulai proses metabolismenya untuk menjalankan berbagai aktivitas seharian.

Melewatkan sarapan akan membuat otak tidak mengetahui bahwa tubuh kita sudah siap untuk memulai aktivitas. Akibatnya, badan cenderung jadi malas bergerak karena merasa lesu, kurang semangat, bahkan mudah sakit.

Sarapan yang sehat harus memenuhi sekurangnya seperempat dari kebutuhan nutrisi harian. Jadi, setidaknya menu sarapan pagi harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat, serta air yang cukup untuk membantu proses pencernaan, meningkatkan energi, juga konsentrasi dan daya ingat.

Riset yang telah dilakukan oleh Pergizi Pangan Indonesia menyatakan bahwa konsumsi sarapan sehat dengan gizi seimbang berperan besar bagi anak-anak sekolah. Selain sarapan sehat dapat memenuhi kebutuhan gizi harian sebanyak hingga 30 persen, sarapan juga dapat meningkatkan semangat, mencegah kelelahan, meningkatkan konsentrasi pada saat belajar hingga membantu meningkatkan prestasi akademis, menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, sekaligus mencegah anak dari konsumsi jajanan yang tidak sehat.

Sayangnya, di Indonesia sarapan masih menjadi satu permasalahan pada anak-anak di Indonesia. Setidaknya tujuh dari sepuluh anak di Indonesia tidak sarapan pagi sebelum beraktivitas. masih banyak keluarga yang kurang memperhatikan masalah kebutuhan gizi anak melalui sarapan sehat rutin setiap hari.(sumber: haibunda.com)

 

Editor: Annisa Kh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here