Pro Kontra ATM BRI Bawah Laut di Pahawang

0
312
(Sumber foto: Lampungpro.com)

Jakarta, namalonews.com- MURI kembali mencatat rekor yang menyebutkan bahwa Bank BRI adalah bank pertama yang menenggelamkan mesin ATM ke dasar laut sebagai penunjang wisata.

“Kami sudah melakukan peninjauan langsung ke lokasi perairan Pahawang dan benar bahwa ada tiga unit ATM ditempatkan di bawah laut, dan kami sahkan sebagai rekor Muri,” kata Perwakilan Museum Rekor Indonesia (Muri) Awan Rahargo, Kamis (22/02/2018).

Bank BRI Wilayah Bandar Lampung ini meletakkan 3 buah mesin ATM di dasar laut Pulau Pahawang yang kegunaannya untuk spot foto wisatawan. Pahawang adalah destinasi wisata dengan pasir putih dan terumbu karang indah di bawah laut. Harapannya, wisatawan pun tertarik datang ke sana dan meningkatkan perekonomian warga sekitar. Hal ini tentu menjadi buah bibir warganet dan menimbulkan pro kontra di dunia maya. Ada yang memuji namun banyak pula yang memprotes tindakan ini.

Dengan adanya aksi penenggelaman mesin ATM, banyak pihak yang menolak aksi tersebut. Ada yang mengatakan merusak lingkungan, kegiatan yang tidak bermanfaat dan ada juga yang bilang bahwa aksi tersebut hanya untuk mencari sensasi. Dari Walhi Lampung pun meminta agar mesin ATM ditarik kembali dari dasar laut karena dianggap akan merusak ekosistem bawah laut Pahawang dan juga menjadi sampah lautan.

Meskipun banyak pihak yang beranggapan negatif, namun sejatinya tujuan penenggelaman mesin ATM ini baik, karena sebenarnya mesin ATM ini merupakan transplantasi karang dengan media. Jadi, nantinya terumbu karang akan tumbuh dan ikan pun bisa berlindung di fish shelter di balik mesin ATM. Metode seperti ini sudah banyak dilakukan di Bali, seperti di Nusa Penida. Seperti Kapal Karam yang pada akhirnya menjadi media tumbuhnya terumbu karang.

Creator&Editor: Annisa Kh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here