Jalan Trans Papua telah Tersambung 1.070 Kilometer

0
204

Jakarta, namalonews.com- Pemerintah terus genjot pembangunan Jalan Trans Papua. Sejauh ini, 1070 kilometer (km) ruas Jalan Trans Papua Barat sudah tersambung. Pemerintah berharap jalan tersebut akan membuka akses ke wilayah-wilayah terluar Papua. Selain itu, jalan trans Papua juga diharapkan bisa membantu mengurangi kesenjangan pembangunan, dan membantu masyarakat mendapat barang-barang sesuai harga normal.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut bahwa masyarakat sudah mulai merasakan keuntungan dan manfaat keberadaan Jalan Trans Papua tersebut.

“Masyarakat sudah memiliki jalur baru dan bisa memangkas waktu perjalanan. Karena sebelumnya, mereka harus jalan kaki melewati medan yang sulit,” kata Menteri PUPR yang ditulis pada Rabu (28/02/2019).

Jalan Trans Papua Barat tersebut dibagi dalam 2 segmen. Pertama, Sorong-Maybrat Manokwari sepanjang 593,81 km. Segmen ini menghubungkan pusat ekonomi di Kota Sorong dan Manokwari. Selain itu, ruas jalan ini juga terhubung ke pelabuhan Arar sebagai pelabuhan tol laut dan juga termasuk Kawasan Ekonomi Khusus Sorong.

Jalan Trans Papua segmen pertama ini sudah beraspal 77 persen.

Kedua, Manokwari-Mameh-Wasior-Batas Provinsi Papua sepanjang 475 km. Sehingga, total jalan trans Papua mencapai 1.070 km. jalan Trans Papua segmen ini sudah dilakukan pengaspalan sepanjang 145 km. Rute ini telah berhasil tembus pada Desember 2017.

Editor: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here