192 Laporan Dugaan Tindak Pidana Korupsi di Yogyakarta Tercatat di KPK

0
152

Jakarta, namalonews.com- Sepanjang 2015 sampai 2018, 192 laporan dugaan tindak pidana korupsi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tercatat di KPK. Semua laporan tersebut diverifikasi dan telaah oleh KPK.

KPK meminta Pemerintah Daerah perhatikan laporan tersebut secara serius.  “Ini laporan Pak (Gubernur DIY), belum tentu benar adanya. Tetapi kalau benar 10 persen saja itu nama Yogya yang selalu baik itu bisa berkurang,” kata Laode Muhammad Syarif saat menghadiri Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di DIY pada  Rabu (28/2/2018).

Berdasarkan hasil verifikasi KPK, terdapat 26 kasus yang telah ditelaah. KPK menyebut dari 26 kasus tersebut akan diketahui apakah terdapat tindak pidana korupsi atau tidak.  Juga akan terungkap apakah ada tindak pidana korupsi yang tidak dilakukan penyelenggara Negara.

KPK mengakui bahwa pelapor memperlihatkan ada indikasi tindak pidana korupsi dari kasus tersebut.

Menanggapi laporan kasus tindak pidana korupsi tersebut, Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan bahwa pengawasan menjadi bagian dari sistem pemerintahaannya. Uang Negara harus diawasi dan dipertanggungjawab dengan bijaksana.

“Kalau nggak diperiksa malah lucu, kalau diperiksa ada pengawasan itu biasa, memang manajemen begitu,” tutur Sultan HB X.

Editor: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here