Rektor IPB Buka SNMPTN Bagi Ketua OSIS

0
176

Jakarta, namalonews.com- Seleksi Nasional Masuk Perguruan  Tinggi Negeri (SNMPTN) atau akrab  dikenal dengan jalur undangan secara umum segera selasai masa pendaftarannya. Tinggal menghitung hari. Beda dari  tahun tahun sebelumnya. Tahun ini Institut Pertanian Bogor (IPB) menyediakan bangku sebanyak seratus enam puluh (160) bagi ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Namun a da beberap filter kandidat yang harus dipunyainya.

Di antaranya, selain memiliki nilai  rerata 80 untuk mata pelajaran matematika, fisika, kimia, dan  biologi.Juga harus menyertakan surat keterangan sebagai ketua OSIS dan diketahui kepala sekolah.

Semua berkas tersebut ditujukan kepada rektor IPB.Kebijakan tersebut semata sebagai komitmen IPB dalam mewujudkan calon pemimpin bangsa dengan intelektualitas tinggi. Jalur ini termasuk dari program jalur mandiri.

“Diharapkan skema ini akan menghasilkan calon-calon pemimpin, baik pemimpin nasional, daerah, perusahaan maupun penggerak masyarakat yang memimpin dengan pendekatan scientific, yaitu menerapkan scientific based leadership,” kata Arif Satria, rector IPB melalui siaran pers di Jakarta  kepada media.

“Sekaligus memiliki bakat kepemimpinan dan kewirausahaan. Saat ini minat calon mahasiswa untuk belajar dalam bidang pertanian di berbagai perguruan tinggi terus menurun,” tambahnya.

Yang dalam penjelasannya semua mahasisiwa tersebut bakal dicanangkan  agar timbul kegemarannya di bidang pertanian. Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun ini menyediakan kouta sebayak empat ribu (4000) kursi yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur Mandiri.

Aturan Kemenristekdikti pun tidak akan melarang pembukaan jalur seperti ini. Yang jelas tidak melanggar aturan yang berlaku. Yakni tidak boleh melebihi dari 30 % kuota yang ditetapkan.

“Skema ini adalah salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan,” tambah Rektor IPB.

Dalam penjelasannya, IPB diharapkan bisa mengasah para calon pemimpin bangsa baik itu di bidang technoprneur, teknokrat,sociopreneur,maupun bidang kainnya. Teknis pelaksanannya, lamaran dikirim langsung kepada Rektor Institut Pertanian Bogor mulai 1 April-1 Juni 2018. Pengumuman hasil seleksi direncanakan 9 Juli 2018. Keterangan lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru IPB di berbagai jalur mandiri termasuk jalur khusus ketua OSIS akan diunggah di website Admisi IPB, admisi.ipb.ac.id pada Februari 2018.

Selain jalur baru tersebut, IPB juga membuka seleksi penerimaan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dan jalur Mandiri, dengan kuota masing-masing 50 persen, 30 persen dan 20 persen.

Bagi para calon mahasiswa yang nantinya dinyatakan lulus dalam seleksi ini tidak perlu melewati ujian yang diselenggarakan oleh panitia pusat.

Editor: Sulis Sutrisna, Annisa Kh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here