Bus Listrik Karya Anak Indonesia Ikuti Pameran GIICOMVEC 2018

0
452

Jakarta, namalonews.com- Masyarakat Indonesia boleh berbangga hati, karena anak bangsa sendiri telah mampu menjawab tantangan untuk menciptakan kendaraan transportasi yang murah dan aman. Perusahaan Mobil Anak Bangsa (MAB) menjadi pionir pembuatan bus listrik, yang kini kendaraannya sedang ditampilkan di Pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, di Jakarta.

Bus listrik yang diberi nama Maxvel ini memiliki kekuatan tenaga setara 260 tenaga kuda dan melontarkan torsi maksimal sebesar 2.400 nm. Bahkan, kandungan komponen lokal bus tersebut ternyata sudah mencapai sekitar 60 persen. Sasis, interior, sampai bodi yang sudah dibuat sendiri oleh anak-anak bangsa.

Bus Maxvel menggunakan baterai yang mampu mencapai jarak sejauh 250 km dalam sekali pengisian. Sedangkan lamanya pengisian daya baterai dari kosong hingga penuh memakan waktu dua sampai tiga jam.

Untuk saat ini baterai bus Maxvel tersebut masih menggunakan buatan para teknisi dari MAB. Namun ke depan, MAB dikabarkan akan bekerja sama dengan perusahaan pembuat baterai dari negara lain seperti Korea, Australia, Jepang hingga Eropa.

Selain memiliki tujuan komersial, produksi bus listrik MAB tersebut juga ditopang oleh semangat berkendara ramah lingkungan yang menggunakan tenaga listrik tanpa emisi. Rencananya kendaraan bus ini akan mulai diproduksi pada pertengahan 2018. Untuk tahap pertama akan dibuat sebanyak 30 unit per bulan.

Editor: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here