Bangkitkan Gairah investasi

0
192

Membangkitkan semangat investasi adalah bukan suatu pekerjaan mudah. Berbagai macam strategi inovatif harus menggaet investor; baik domestik maupun asing. Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menawarkan solusi jitu untuk investor.

BEI dan KSEI menggelar “Kompetisi Yuk Nabung Saham 2018”. Kompetisi ini sangat inovatif karena diharapkan akan mengubah budaya menabung. Direktur Utama BEI Tito Sulistio menilai bahwa kompetisi Yuk Nabung bisa merombak kebiasaan menabung menjadi investasi. BEI dan KSEI ajak semua pihak terlibat aktif dalam kompetisi ini.

Kompetisi ditargetkan akan diikuti oleh 4 ribu investor aktif dari 200 galeri investasi BEI. Kompetisi akan berlangsung 9 bulan dengan 3 periode terbuka untuk umum (Maret hingga November). Periode pertama dimulai Maret hingga Mei 2018. Periode kedua akan dilaksanakan pada Juni sampai Agustus. Dan, terakhir digelar pada September hingga November.

“Kompetisi Yuk Nabung Saham diharapkan bisa menata saving society ke investment society. Hal ini akan membuat ketagihan bagi investor domestik karena uangnya dalam jumlah kecil, perputarannya besar,” tutur Tito Sulistio

Investor domestik pun mendominasi transaksi harian saham di Bursa Efek Indonesia. Tercatat investor domestik mencapai 67 persen di BEI. 67 persen diperkirakan mencapai Rp 6,2 triliun pada perdagangan saham kamis (01/03/2018).

Sedangkan, investor asing tercatat Rp 3,1 triliun atau 33 persen.  Sepanjang 2018, transaksi harian saham dari investor asing diprediksi mencapai Rp 251 triliun. Sementara itu, investor domestic tercatat mencapai Rp 376 triliun.

Editor: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here