Gugatannya Dikabulkan, PBB Bisa Ikuti Pemilu 2019

0
94

Jakarta, namalonews.com- Yusril Ihza Mahendra kini boleh merasa sedikit lega, karena Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) memutuskan Partai Bulan Bintang (PBB) dinyatakan sah sebagai peserta Pemilu 2019. Putusan tersebut dinyatakan oleh Bawaslu dalam sidang ajudikasi PBB dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung Bawaslu, Minggu (4/3/2018).
“Memutuskan dalam eksepsi termohon dalam pokok perkara mengabulkan permohonan untuk seluruhnya. Kedua, menyatakan Partai Bulan Bintang memenuhi syarat sebagai peserta pemilu DPR, DPRD provinsi dan kabupaten kota 2019,” ujar Ketua Bawaslu Abhan membacakan putusan sidang.
Bawaslu juga memerintahkan KPU untuk menetapkan PBB sebagai parpol peserta pemilu 2019 dan memerintahkan KPU untuk melaksanakan paling lambat 3 hari sejak putusan ini dibacakan.
Seperti diketahui, sebelumnya KPU menyatakan bahwa PBB tidak lolos sebagai partai peserta pemilu 2019 mendatang. Keputusan itu tercantum pada surat keputusan Nomor 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan parpol peserta Pemilu 2019.
PBB dianggap tidak memenuhi syarat verifikasi di Kabupaten Manokwari Selatan, Propinsi Papua Barat, yang mengakibatkan tidak memenuhi syarat verifikasi di wilayah tersebut. Yusril sebagai Ketua Umum PBB akhirnya melayangkan gugatan kepada Bawaslu RI pada 19 Februari 2018 lalu. Sidang mediasi antara PBB dengan KPU RI juga telah digelar namun tak menemukan titik temu hingga sengketa tersebut berlanjut ke sidang adjudikasi Bawaslu RI. Kini gugatan PBB pun membawa hasil sesuai harapan Yusril.
Dalam cuitannya akun Twitter yang diunggah , Yusril mengucapkan terima kasih kepada kalangan Nahdlatul Ulama. “Saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak KH Said Agil Sirodj dan para ulama NU yang telah mendoakan perjuangan PBB melawan KPU sehingga akhirnya dimenangkan Bawaslu.”
Selain kepada NU, Yusril juga mengucapkan hal yang sama kepada beberapa partai dan juga ormas yang mendukung untuk dilakukannya gugatan PBB ke Bawaslu.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here