IMF Ingatkan Presiden AS Trump

0
299
International Monetary Fund Managing Director Christine Lagarde gives opening remarks before a session addressing inclusive growth during the IMF-World Bank annual meetings in Washington October 8, 2014. REUTERS/Jonathan Ernst (UNITED STATES - Tags: POLITICS BUSINESS)

Jakarta, namalonews.com- Dana Moneter Internasional (IMF) menilai kebijakan tarif impor Amerika Serikat akan berpengaruh pada ekonomi Amerika sendiri dan negara-negara mitra dagang AS. Pada pekan Lalu, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengancam akan terapkan tarif impor untuk baja dan alumunium. Dia berencana tarif impor baja mencapai 25 persen, sedangkan alumunium 10 persen. (baca: Uni Eropa Tolak Kebijakan Tarif Impor AS)

Kebijakan tarif impor ini menuai kecaman dari berbagai negara, di antaranya Kanada dan Uni Eropa. Selain itu, Tiongkok juga mengecam keras kebijakan tarif impor tersebut.

Menanggapi rencana persoalan terkait tarif impor AS tersebut, IMF minta negara-negara yang berkepentingan untuk menyelesaikan sengketa perdagangan tersebut dengan baik.

IMF mengingatkan AS bahwa kebijakan tarif impor Trump seperti pedang bermata dua. Kebijakan tersebut tidak hanya merugikan negara lain, tapi juga ekonomi AS sendiri. Khususnya, sektor manufaktur dan konstruksinya karena keduanya merupakan pengguna utama baja dan alumunium.

“Pembatasan impor yang diumumkan Presiden AS (Donald Trump) cenderung menyebabkan kerusakan tidak hanya di luar AS, tapi juga pada ekonomi AS sendiri, termasuk sektor manufaktur dan konstruksinya, yang merupakan pengguna utama baja dan alumunium,” tulis IMF seperti yang dikutip Reuters pada Senin (5/3/2018).

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here