Rayakan Cap Go Meh Glodok 2018, Puan Maharani Naik Kapal Cheng Ho

0
222

Jakarta, namalonews.com- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan  Maharani, anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara,Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Bambang Soesatyo, serta Ketua DPD Oesman Sapta ikut jadi bagian meriahnya Festival Cap Go Meh Glodok 2018,Minggu (4/3/2018).

Secara bersama-sama Puan menabuh genderang sebagai tanda dibukanya secara resmi perayaan Cap Gomeh Glodok 2018. “Selamat tahun baru imlek. Jangan lupa jaga Pancasila, NKRI, Binneka Tunggal Ika. Kita ini satu saudara, satu bangsa, satu tanah air, satu Indonesia,” ujar cucu Proklamator RI dalam kata sambutannya.

Usai memberikan sambutan, sebuah kendaraan yang disulap menjadi sebuah Kapal ‘Cheng Ho’ pun disiapkan untuk Puan berkeliling lokasi perayaan Cap Go Meh. Sejumlah tokoh ikut juga dalam arak-arakan itu.

Terlihat Menko PMK Puan Maharani yang mengenakan pakaian batik ditemani oleh Agum Gumelar dan Charles Honoris, yang juga Ketua Dewan Pembina Panitia Cap Go Meh Glodok 2018, naik ke atas kapal ‘Cheng Ho’  untuk mengikuti arak-arakan.

Sumber foto: Puan.nasional.kini.co.id

Kapal ‘Cheng Ho’ juga tidak sendirian. Ada beberapa kendaraan yang mengirinya, seperti kendaraan berhias naga yang ditumpangi pemenang Koko Cici Jakarta dan ondel-ondel yang ditumpangi Abang None Jakarta. Konsep mobil hias ini seperti sebuah kapal pesiar yang didominasi dengan warna ‎merah ciri khas Tionghoa.

Dari atas Kapal Cheng Ho, Puan menyapa warga dan menyempatkan diri untuk swafoto dengan latar belakang masyarakat penonton karnaval.

Festival yang diselenggarakan di kawasan Glodok ini melibatkan 2.400 peserta dari berbagai latar belakang profesi, etnis, budaya dan agama. Juga melibatkan sekitar 100 jaringan vihara di seluruh Indonesia, seperti dari Jawa Timur, Bali, hingga Kalimantan.

Selain arak-arakan barongsai yang menjadi ciri khas Cap Go Meh, ada juga tarian gemufamire, sisingaan, reog Ponorogo, dan juga marching band dari Remaja Masjid Istiqlal yang sangat bersemangat memeriahkan acara.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here