Wintor, Mobil Transportasi Masyarakat Pedesaan

0
251

Jakarta, namalonews.com- Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) juga menampilkan Mobil Wintor, jenis kendaraan yang menjadi alat tranportasi masyarakat pedesaan. Mobil desa ini diproduksi PT Astra International Tbk.
Wintor mengusung mesin diesel bertenaga 10 hp dengan konsumsi bahan bakar solar 0,5 liter per jam. Mobil didesain khusus dan hanya bisa memuat 2 orang dengan daya angkut 400-500 kg.
Saat ini Wintor telah digunakan sebagai alat angkut kelapa sawit di berbagai perusahaan perkebunan sawit di Indonesia. Karena khusus dipakai di jalan-jalan pedesaan atau perkebunan yang tidak beraspal, mobil ini hanya bisa menempuh kecepatan maksimal 30 km per jam.

Alat angkut Wintor diharapkan bisa menggantikan gerobak dorong yang biasa dipakai oleh para petani sawit dalam mengangkut panennya.  Sebanyak 86 persen komponen lokal yang digunakan mobil ini sudah diproduksi di Indonesia. Wintor sendiri kini sudah siap untuk masuk ke pasaran internasional dengan membidik Malaysia sebagai negara dengan perkebunan kelapa sawit terluas kedua di dunia, setelah Indonesia.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here