Kopda Marinir Budi Santoso Raih Juara I Lomba Renang Selat Sunda

0
235

Jakarta, namalonews.com- Kopda Marinir Budi Santoso akhirnya menjadi orang pertama yang berhasil menyeberangi Selat Sunda, dalam Lomba Renang, yang digelar pekan lalu. Ada sebanyak 284 perenang dari Marinir, TNI/Polri, dan umum. Dalam kesempatan ini, ada 424 pendayung yang terdiri atas 53 tim yang mengikuti lomba dayung.

Lomba renang ini dimulai dari Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Bakauheuni, Lampung dan berakhir di di Tanjung Sekong, Merak, Cilegon, Jawa Barat. Budi Santoso, yang merupakan anggota Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) 2 ini menempuh jarak 39 km dalam waktu 9,5 jam. Lomba renang ini kembali digelar setelah tahun 2007 lalu. Untuk lomba di tahun 2018 ini, menjadi event lomba ke-9 yang pernah digelar. Korps Marinir menggelar kegiatan ini untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam kemampuan renang dan dayung serta sekaligus menunjang kemampuan anggota dalam menjalankan operasi.

Tapi dalam lomba kali ini, Budi tak menyangkal bila dihantui rasa lelah saat berenang sejauh 39 km selama 9,5 jam tersebut. Menghadapi arus air laut dan juga menjumpai hewan seperti  ubur-ubur merupakan beberapa tantangan yang harus dihadapinya. Namun, anggota Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) 2 ini mengaku hal yang menjadi tantangan utamanya ialah kejenuhan. “Setelah rasa lelah itu, kemudian  timbul rasa jenuh. Terasa bosan berada dalam air dalam waktu lama. Kalau kita bisa hilangkan jenuh, lelah bisa berangsur-angsur juga hilang,” ucap dia.
Budi mengaku tak memiliki rahasia khusus untuk  menyeberangi Selat Sunda. Hanya rutin melakukan latihan sepertihalnya  prajurit lainnya dan menambah  waktu latihan pada sore hari. Soal makanan pun, Budi mengatakan tak memiliki pantangan. Dia hanya  memakan makanan yang ada untuk bisa menambah  energi.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here