Pelemahan Rupiah Tidak Mengganggu Investasi

0
126

Jakarta, namalonews.com- Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal  (BKPM) Thomas Trikasih Lembong menilai bahwa pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih belum menjadi masalah. Dia menyebut bahwa pelemahan rupiah terhadap dolar AS masih dalam kisaran stabil.

BKPM menambahkan bahwa pelemahan rupiah tersebut tidak mengganggu arus investasi ke Indonesia. Thomas Lembong justru menilai pelemahan rupiah bagus untuk investasi dan ekspor.

“Sebetulnya, rupiah lemah bagus untuk investasi dan ekspor. Dengan lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, maka barang Indonesia akan menjadi murah jika dinilai kurs dolar AS,” Katanya.

Dia menambahkan, “ dengan rupiah lemah, barang kita juga jadi murah. Dengan rupiah lemah, investasi ke Indonesia jadi murah. Jadi, asal masih dalam kisaran stabil,” lanjutnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia menilai pelemahan rupiah hingga RP.13 800 per dolar AS melampaui batas atau berlebihan. Bank Indonesia menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi, laju inflasi, dan pertumbuhan investasi bisa terjaga. Sehingga, pelemahan nilai tukar rupiah dinilainya berlebihan karena berbanding terbalik variabel lainnya.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here