Dana Pensiunan PNS akan Segera Naik

0
163

Jakarta, namalonews.com- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyebut bahwa pemerintah sedang mengkaji skema pensiunan baru. skema ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan hidup pegawai negeri sipil (PNS). Selama ini, dana pensiunan dinilai tidak cukup untuk membiayai hidup PNS.

Menteri PAN-RB, Asman Abnur menjelaskan bahwa pemerintah berencana menerapkan skema fully Funded untuk dana pensiunan. Dalam skema tersebut, pemerintah juga turut terlibat memberikan iuran pensiunan kepada PNS.

“Jadi, pemerintah menggunakan sistem fully funded ke depannya. Sistem tersebut bertujuan agar dana pensiunan dikembalikan lagi ke PNS,” Kata Asman di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta pada Rabu (7/03/2018).

Asman menilai bahwa selama ini sistem pembayaran gaji pensiunan PNS bersumber pada APBN. Sistem ini disebutnya skema pay as you go. Sistem itu dinilai tidak efektif karena berdampak pada pembengkakan dana APBN.

Selain dari APBN, gaji pensiunan PNS juga dipotong dari gaji pokok selama masa aktif. Secara keseluruan diperkirakan dana iuran PNS tercatat mencapai 4,75 persen tiap bulan.

Oleh karena itu, Pemerintah menerapkan sistem baru yaitu skema fully funded  yang tidak lagi membebani APBN. Karena, dana pensiunan dihasilkan dari iuran pekerja dan pemberi kerja.

Dana pensiunan iuran pekerja dan pemberi kerja tersebut akan dikumpulkan di PT Taspen. Kemudian, Dana itu akan diinvestasikan via pasar modal, properti, atau pun pasar uang. Pemerintah berharap skema baru ini bisa menjadikan hidup PNS lebih sejahtera saat pensiun.

Selain itu, penerapan skema fully funded juga berdasarkan rencana peraturan pemerintah terkait perubahan struktur gaji PNS dalam rangka reformasi birokrasi.

“Ini program remunerasi perbaikan pemasukan PNS dalam hubungan dengan reformasi birokrasi tapi juga diboncengi dengan peningkatan kinerja. Oleh karena itu, sekarang diawali tunjangan kinerja dan program renumerasi,” lanjutnya.

Menpan PAN-RB menyebut bahwa Pemerintah juga akan memberikan penghargaan kepada PNS sesuai kinerja masing-masing, termasuk selama masa pensiun. Dengan adanya tambahan penghargaan hingga masa pensiun ini, pemerintah berharap kinerja PNS semakin meningkat.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here