Dominasi CPNS Tahun Ini

0
244

Jakarta, namalonews.com- Pada tahun 2018 ini pemerintah akan membuka formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang didominasi sector pendidikan dan kesehatan. Sektor ini dipandang baku karena untuk dapat menciptakan stabilitas nasional yag terukur. Mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya.

Dengan terbangunnya jiwa raga secara balance, maka terbangunlah kesehatan. Untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat berbangsa dan bernegara.

“Tahun 2018 kami membuka ke seluruh kementerian, lembaga, dan daerah tapi khusus di bidang utama, kesehatan dan pendidikan,” ujar  Menteri PAN-RB RI, Asman Abnur di Jakarta, pada media.

Beliau mengevaluasi, sebaran tenaga pendidik maupun kesehatan di Indonesia belum merata. Di kota besar  sebagai pusatnya. Sementara di daerah-daerah masih  kekurangan.

“Karena masih banyak guru yang terpusat di perkotaaan, jadi nanti kita fokus penyebaran guru di daerah terpencil,” kata Asman. Berdasar dari hasil analisis Pusat Data dan Statistik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016, sebaran kepala sekolah dan guru jenjang SMP di Indonesia belum merata ke seluruh wilayah, khususnya di wilayah 3T: terluar, terdepan, dan tertinggal. Sabang sampai Merauke. Kita semua Indonesia.

Pembukaan CPNS dilakukan dengan bertahap. Pada gelombang pertama, sebanyak 17.521 CPNS diterima untuk Kementerian Hukum dan HAM. Gelombang kedua, ada sebanyak 17.928 formasi untuk mengisi jabatan pada 30 kementerian, 30 lembaga negara, dan 1 pemerintah provinsi, yakni Pemprov Kalimantan Utara. Sedangkan gelombang ketiga, jauh lebih banyak, yakni 120 ribu CPNS.

“Akan ada 120 ribu orang calon PNS termasuk formasi untuk pegawai daerah,” tutup Menteri PAN-RB RI,”  tambahnya di Jakarta, pekan lalu.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here