Mahalnya Belajar Interaktif Guru dan Siswa

0
597

Jakarta, namalonews.com- Guru yang baik tidak akan menuntut siswa untuk mengerti keinginannya, tetapi guru akan berusaha memahami siswa terlebih dahulu. Berkomunikasi dengan peserta didik, seorang guru harus berusaha agar pesan yang disampaikan bisa jelas maknanya.

Bisa dijelaskan bahwa proses belajar dan mengajar merupakan suatu inti dari proses pendidikan secara komprehensif dan keseluruhan dangan guru sebagai aktor atau peranan utama. Rangkaian perbuatan ini akan tercipta dengan adanya dasar interaksi secara timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif.

Tidak hanya sekadar hubungan yang terjadi antara siswa dan tenaga edukatifnya. Lebih ke arah interaksi yang interaktif secara komprehensif dalam multiedukatif. Hubungan timbal balik sinergis antara tenaga pendidik dan terdidik merupakan makna utama dari proses pengajaran.

Guru sebagai tenaga pendidik seyogiaya melakukan berbagai pendekatan untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang diharapkan. Sehingga siswa secara proaktif akan menyambut dan menghidupkan daya nalarnya untuk berinteraksi khususnya dalam hal pelajaran yang sedang berlangsung.

Tidak sedikit siswa yang takut pada beberapa gurunya. Malah siswa mempredikati sang aktor pendidikan tersebut dengan sang ‘killer.’ Jika ada kenyataan yang demikian sebaiknya guru lebih mawas diri dan mencari solusi yang terbaik untuk memulihkan kondisi yang fresh dan menyenangkan. Seorang guru yang berpredikat killer adalah seorang guru yang ditakuti para peserta didiknya.

Pada dasarnya seorang guru yang ditakuti peserta didiknya dianggap tidak berhasil dan tidak mampu menjalankan kewajiban komunikasi yang efektif. Hal ini dikarenakan siswa merasa ada jurang pemisah dan selalu ragu bahkan takut untuk menyatakan dan mengemukakan pendapat tentang pelajaran dan pembelajaran yang sedang berlangsung.

Dengan demikian siswa tidak bakal memperoleh hasil dari KBM secara optimal dan perfect. Hal ini perlu digarisbawahi oleh seorang tenaga pendidik, demi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang brilian, tepat sasaran, dan memuaskan antara guru dan tenaga terdidik.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here