1210 Kasus Inses Tercatat di Komnas Perempuan

0
123

Jakarta, namalonews.com- Komisi Nasional (komnas) Perempuan menilai bahwa ribuan kasus seksual dilakukan oleh orang terdekat atau keluarga. Kasus kekerasan seksual terhadap perempuan ini sangat memprihatinkan.

Komnas perempuan merilis bahwa kasus kekerasan pada 2017 tercatat 348.446 perkara. 1. 210 di antaranya adalah kasus inses. Dari ribuan kasus tersebut, tercatat 425 kasus dilakukan ayah, 332 kasus dilakukan paman, dan 89 kasus lainnya dilakukan kakak.

Ketua komnas perempuan, Azriana menegaskan bahwa seharusnya ayah, paman, dan kakak jadi pelindung bagi anak perempuan. Dia menyebut bahwa kehadiran ketiganya menjadi ancaman bagi anak perempuan di dalam rumah.

Azriana berharap pemerintah segera menyelesaikan kasus ini. Dan, kasus tersebut menjadi pekerjaan rumah pemerintah. Dia mengakui bahwa pemerintah sudah menjalankan hukuman kebiri, tapi tidak memberikan efek jera bagi pelaku.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa orang-orang terdekat juga jadi pelaku penyebar foto dan video pribadi di media sosial. Tercatat ada 65 kasus penyebaran foto dan video tersebut.

Berdasarkan data tersebut, komnas perempuan menyimpulkan bahwa kasus kekerasan terhadap perempuan meningkat 74 persen bila dibandingkan sebelumnya.

Kasus-kasus kekerasan tersebut sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, parade juang perempuan Indonesia mengajukan 8 tuntutan untuk memperingati hari perempuan sedunia pada 8 Maret 2018.

  1. Negara harus segera mencabut beragam bentuk kebijakan dan peraturan diskriminatif; baik terhadap perempuan, kelompok rentan, dan warga secara keseluruha
  2. Negara harus hentikan persekusi, diskrimanasi, kekerasan, dan pemidanaan terhadap kelompok LGBT, aliran kepercayaan, korban napsa, dan lain-lain
  3. Pemerintah segera menyelesaikan kasus pelanggaran HAM masa lalu; baik melalu mekanisme yudisial maupun nonyudisial
  4. Negara harus segera mewujudkan Undang-Undang penghapusan kekerasan seksual
  5. Negara harus segera sahkan Undang-Undang perlindungan pekerja Rumah Tangga
  6. Negara harus perbanyak fasilitas layanan kesehatan
  7. Negara harus wujudkan kebebasan hak berorganisasi dan berserikat

Negara harus mewujudkan kebebasan politik pemilu dan pilkada dari isu SARA. (Tulisan ini disaring dari berita CNN Indonesia).

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here