Becak Listrik Akan Beroperasi di Jakarta ?

0
268

Jakarta, namalonews.com- Becak listrik kini mulai diwacanakan untuk beroperasi di Jakarta. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Ahmad Hanafi, menyambut baik seandainya kendaraan roda tiga seperti becak dimodifikasi agar layak beroperasi di kampung-kampung Jakarta.

Untuk mendukung ide terkait becak ini, Hanafi  mengaku telah membuat sebuah prototype atau percontohan becak listrik yang memang pernah diinginkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, beberapa waktu lalu. “Sudah ada prototipnya, tinggal diserahkan ke Pak Gubernur,” kata putra sulung tokoh Alumni 212, Amien Rais.
Modifikasi becak yang diusulkan Hanafi memang tak berbeda dengan becak yang saat ini beroperasi. Namun ditambah dengan tenaga listrik agar lebih modern dan manusiawi saat dioperasikan. “Lebih manusiawi saja, karena tidak usah digoes,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hanafi juga menegaskan bahwa modifikasi dari becak konvensional menjadi becak listrik ini memerlukan biaya yang memang tidak sedikit, diperlukan sekitar Rp18 juta hingga Rp20 juta untuk satu unit.Biaya tersebut digunakan untuk memasang dinamo dan baterai yang bisa disimpan di bawah jok pengemudinya.

Untuk sekali pengisian batrai diperkirakan hanya memerlukan waktu kurang lebih tiga jam, dan becak itu siap digunakan lebih dari satu hari untuk jarak tempuk 40 sampai 50 kilo meter.”Bisa (tahan lama) ini kan kualitas batrainya (bagus),” kata Hanafi.
Hanafi mengaku akan segera menyampaikan becak listrik inisiatifnya tersebut ke pihak Pemprov. Rencananya becak itu akan langsung diterima oleh Anies Baswedan untuk didiskusikan lebih jauh.

Dalam sejarah perkembangan kota Jakarta, becak memang sudah beroperasi sejak awal-awal tahun 60-an. Namun menjelang tahun 90–an, kendaraan roda tiga ini secara berangsur-angsur hilang dari jalanan karena dilarang beroperasi.

Becak sendiri berasal  dari bahasa Hokkien: be chia “kereta kuda” yang berarti suatu alat transportasi beroda tiga. Kendaraan ini tidak hanya ditemukan di Indonesia, tapi juga di sebagian Asia. Penumpangnya maksimal dua orang  dan seorang yang mengemudikannya.

Becak listrik sebenarnya memang sudah ada lebih dahulu di beberapa kota di Indonesia, seperti di Sumatera Utara, kendaraan ini disebut ‘bentor’ (becak motor). Selain itu ada juga becak yang beroperasi di wiilayah-wilayah Sulawesi.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here