Memperingati Hari Perempuan Internasional, Aksi #LawanBersama Suarakan Tuntutan Perempuan

0
135

Jakarta, namalonews.com- Tiap tahun dunia memperingati Hari Perempuan Internasional yang ditetapkan setiap tanggal 8 Maret. Tiap tahun pula, banyak dari kaum perempuan memiliki pandangan akan isu terkait perempuan. Sekitar seribu orang berkumpul menggelar aksi Women’s March di Jakarta pada Sabtu (3/3). Aksi bertajuk #LawanBersama itu menyuarakan tuntutan dan aspirasi yang berpihak pada kaum perempuan.

Aksi Women’s March Jakarta berlangsung mulai dari Sari Pan Pacific, Sarinah. Lalu melanjutkan perjalanan ke MH Thamrin dan Merdeka Barat dan menuju Taman Aspirasi Monas di depan Istana Negara.

“Yang mau perubahan, teriak ‘Lawan,” kata orator yang memandu jalannya aksi.

Perwakilan perempuan dari berbagai organisasi dan Lembaga perempuan silih berganti menyuarakan tuntutan dan aspirasi.

Sumber foto: CNN Indonesia

Tuntutan besar yang diusung pada aksi Women’s March diantaranya, yaitu menghapus kebijakan yang diskriminatif, pengesahan berbagai hukum dan kebijakan, menjamin dan menyediakan akses pemulihan bagi korban kekerasan, serta mengentikan investasi negara terhadap tubuh.

Selain itu, ada pula tuntutan menghapus sigma, diskriminasi praktik dan budaya kekerasan berbasis gender.

Walau mengusung isu permpuan aksi ini tidak hanya diikuti oleh kaum perempuan saja. Para pria juga terlihat banyak mengikuti aksi tersebut.

Editor: Annisa Kh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here