Izin Ternak Dipermudah di Era Digital

0
146

Jakarta, namalonews.com- Iklim usaha dan ekspor ternak dipermudah oleh pemerintah sekarang. Pemerintah memanfaatkan teknologi untuk memperlancar kepentingan usaha dan meningkatkan kesejahteraan peternak.

Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PHK) Kementerian Pertanian menerapkan pemakaian aplikasi pelayanan perizinan sistem online. Aplikasi sistem online tersebut bertujuan memperlancar iklim usaha dan ekspor.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmiat mengakui pelaku usaha bisa mendapatkan izin rekomendasi yang dibuat langsung melalui sistem informasi peternakan dan kesehatan Hewan kementerian pertanian.

“Pemakai jasa sebelumnya masih dalam proses permohonan rekomendasi surat persetujuan diambil secara langsung oleh pelaku usaha,” ujarnya.

Pemerintah menyebut bahwa transformasi pelayanan ini dibuat oleh kementerian pertanian dalam menjawabi kebutuhan masyarakat yang serba cepat di era digital.

Penerapan sistem perizinan online untuk ternak di era digital merupakan wujud implementasi Peraturan Menteri Pertanian No.14/Permentan/TU.120/11/2017 tentang pelayanan perizinan Pertanian secara elektronik.

Ketut menyebut bahwa sejak 2017, dari 16 jenis layanan di Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, semuanya diproses secara online.

Pemerintah berharap pelaku usaha bisa memanfaatkannya untuk izin ekspor, bukan hanya impor.

“Pemerintah akan sepenuhnya mendorong dan berupaya memberikan prioritas kepada pelaku usaha di bidang ekspor. Tujuan utama izin online tersebut untuk mempermudah proses permohonan rekomendasi,” lanjutnya.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here