Presiden Joko Widodo: Musik itu Pemersatu Bangsa

0
258

Jakarta, namalonews.com- Hidup itu bak mengisi dinamika. Ada lembut terkadang keras. Begitu juga music. Suara yang disusun dan mengandung irama, lagu, maupun keharmonisan dari pelbagai instrumen pun membentuk music. Tanggal 09 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional.

Sejak tahun 2003, di era pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri atas usul dari Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI), tersematlah Hari Musik. Seperti yang disampaikan Joko Widodo pada hari  ini, tanggal 09 Maret 2018, menyampaikan Selamat Hari Musik Nasional.

“Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Saya ucapkan selamat Hari Musik Nasional 2018 di mana tahun ini segenap pegiat dan insan musik Indonesia akan menggelar konferensi musik Indonesia yang dipusatkan di Kota Ambon,” ujar Jokowi.

“Rentang musik nasional dari Sabang hingga Merauke mencerminkan rasa toleransi, kerukunan, dan keharmonisan dalam suasana kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Musik bukan sekadar untuk dinikmati, namun haruslah kita jaga keberadaannya.” “Semoga dengan diselenggarakan konferensi musik nasional, para insan musik Indonesia dapat membentuk ekosistem musik nasional yang akan menghilangkan segala hambatan karya cipta musik nasional dan lebih diakuinya eksistensi musik Indonesia.”

Tanggal 09 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional bertepatan dengan hari lahirnya Pahlawan Nasional, WR (Wage Rudolf) Soepratman yakni composer lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Dalam acara tersebut Presiden ketujuh Indonesia Joko Widodo membawakan lagunya Slank, yang bertajuk Kamu Harus Pulang.

Diharapkan, dengan musik bukan hanya untuk dinikmati. Lebih lagi dijaga dan dipelihara keberadaannya. Sehingga musik dapat dijadikan pemersatu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here