Presiden Rusia Vladimir Putin akan Mengunjungi Indonesia

0
182

Jakarta, namalonews.com- Dalam waktu dekat Presiden Rusia, Vladimir Putih, akan mengunjungi Indonesia. Kedua negara saat ini sedang mengatur waktunya. Untuk rencana tersebut, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi akan terbang ke Negeri Beruang Merah tersebut pada 12 Maret nanti.

Retno akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov untuk membahas kunjungan Putin ke Indonesia. Berbagai isu bilateral pun dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Kunjungan Menlu Retno Marsudi ini juga merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Menlu Sergey Lavrov berkunjung ke Indonesia pada Agustus tahun lalu. Retno juga akan membahas untuk mendorong fleksibilitas visa kunjungan bagi WNI ke Rusia. Saat ini warga negara Indonesia yang berkunjung ke Rusia ada 12.000 orang.

Selain itu momentum kunjungan Menlu Retno  ke Rusia ini juga akan dimanfaatkan untuk meminta dukungan agar Indonesia bisa menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Seperti diketahui, Rusia adalah salah satu negara ‘Veto 5’, yakni negara anggota tetap keamanan PBB.

Menurut catatan, pada tahun 2017 kerjasama ekonomi kedua negara menunjukan angka peningkatan. Dalam sisi perdagangan angkanya mencapai 2,5 miliar dollar AS, atau naik dari 2016 yang hanya 2,1 miliar dollar AS.

Komoditas perdagangan RI yang diekspor ke Rusia yakni komoditas pangan seperti kopi, teh, hingga kakao. Kemudian dari sisi investasi Rusia di Indonesia, angkanya mencapai 4,7 juta dolar AS.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here