Presiden: Akhir Maret, Izin Usaha akan Diobrak-abrik

0
187

Jakarta, namalonews.com- Sebagai negara besar, Presiden Joko Widodo mengaku sedih, bahwa ekspor Indonesia kalah dari Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

“Jika kita teres-menerus, kita enggak bangkit dari tidur kita, kita tidak bangun, bangkit, membangun, bisa-bisa kalah nanti dengan Laos, dengan Kamboja. Hati-hati ini, “ kata Presiden saat melakukan kunjungan kerja di Gresik, Jawa Timur Pada Jumat (9/03/2018).

Bukan hanya ekspor, Presiden juga menyebut bahwa Indonesia kalah dari Malaysia, Thailand, dan Vietnam terkait investasi. Situasi ini, menurut Presiden, sangat memprihatinkan. Indonesia, lanjut Presiden, bisa kalah juga dari Laos dan Kamboja nanti jika dibiarkan saja.

Oleh karena itu, Presiden mengingatkan agar apa yang menjadi kelemahan selama ini harus segera dibenahi dan diperbaiki. Khususnya, menurut Presiden, urusan perizinan yang terlalu lama. Presiden menegaskan bahwa dirinya tidak sabar untuk mengobrak-abrik apa yang menjadi kendala investasi dan ekspor selama ini.

“Tunggu akhir Maret ini, semuanya akan saya obrak-abrik. Saya mulai enggak sabar,” Tegasnya.

Presiden Jokowi mempertanyakan mengapa urusan perizinan harus berbulan-bulan, bertahun-tahun. “Siapa yang mau datang ke Indoneisa? Siapa yang berinvestasi ke Indonesia,” tanyanya.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan bahwa investasi dan ekspor bisa memperbaiki ekonomi dan membuka lapangan kerja baru bagi kaum muda.

“Tapi kalau Izin terlalu lama, siapa yang mau membuka pabrik, industri di sini,” tegasnya.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here