Indonesia Target Raih 50 Penghargaan Dunia 2018

0
160
Menteri Pariwisata, Arief Yahya

Jakarta, namalonews.com- Amankan posisi ‘Brand Wonderful Indonesia’ di tingkat dunia, sektor pariwisata targetkan meraih 50 penghargaan internasional pada 2018.

Menteri Pariwisata mencatat bahwa sepanjang 2018 hingga Maret, 24 penghargaan telah digenggam Indonesia.

“Tahun 2018, pemerintah berjuang untuk mendapatkan 50 penghargaan internasional sepanjang 2018. Hingga Maret 2018, kementerian pariwisata membukukan 24 penghargaan,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta pada Selasa (13/03/2018).

Yang terakhir, lanjutnya, didapatkan oleh ITB Berlin beberapa waktu lalu.

Arief menilai penghargaan internasional tersebut membantu dan mendukung Indonesia untuk meningkatkan peringkat, khususnya peringkat ‘Brand Wonderful” alam dan budaya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa penghargaan tersebut meyakinkan Indonesia untuk memiliki rasa percaya diri, mendapat kepercayaan Internasioanl, dan juga memenuhi stadar global.

“Bangsa Indonesia bisa meraih kemenangan di tengah persaingan yang ketat. Sebelumnya, pariwisata Indonesia tidak dianggap, tapi sekarang menjadi perhatian dunia,” jelasnya.

Jadi, pemerintah meminta warga Indonesia untuk percaya diri menceritakan dan mempromosikan pariwisata di luar negeri.

Hal ini terbukti Indonesia tempati peringkat ke-47 dunia terkait ‘Branding Wonderful.’ Indonesia mampu mengalahkan Malaysia dan Thailand yang berada di urutan ke-83 dan 97 dunia.

Menteri Pariwisata itu menyebut bahwa terdapat Top 10 Award dengan kategori ‘diamond.’ Kategori tersebut diumumkan oleh United Nation- World Tourism Organization (UNWTO), The World Legacy Awards (WLA), ASEAN Tourism Association (ASEANTA), The World Travel dan Tourism Council (WTTC), dan Travel FilmFest (TRAFF).

Untuk mencapai hal itu, Arief meminta Indonesia harus aktif mempersiapkan sumber yang ada, misalnya atraksi, alam, budaya, dan manajemen pemasaran.

“Terkait atraksi, saya menilai kita bagus. Misalnya, Wisata Bahari Indonesia selalu menang. untuk manajemen pemasaran, saya mengakui bahwa kita kuat. sedangkan, alam kita lemah. Sehingga, kita harus sadar akan posisi tersebut untuk segera diperkuat dengan baik,” katanya.

Oleh karena itu, Menpar meminta dukungan Indonesia untuk bekerja sama mewujudkan target meraih 50 penghargaan di 2018.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here