Mobil yang Bisa Menepi Kalau Sopirnya Ngantuk

0
66

Jakarta, namalonews.com- Beberapa kecelakaan lalu lintas yang terjadi belakangan ini lebih banyak disebabkan human eror, seperti supir yang mengantuk karena kelelahan berkendara. Akibatnya sangat fatal, mobil akan melenceng ke kiri atau ke kanan yang bisa mengakibatkan tabrakan.

Sebuah pabrikan otomotif di Korea Hyundai Mobis akan memperkenalkan teknologi baru di ajang Consumer Electric Show (CES) 2018. Teknologi yang dimaksud tersebut adalah DDREM (Departed Driver Rescue & Exit Maneuver).

Ini merupakan teknologi yang didesain untuk menghindarkan kecelakaan yang diakibatkan sopir mengantuk. Sistim perlahan-lahan akan membawa mobil ke tepi jalan dan berhenti manakala mendeteksi si sopir mengantuk.

Sistem DDREM ini dalam proses kerjanya menggunakan kamera inframerah untuk memonitor dan menganalisis gerakan wajah dan mata pengemudi. Sistem akan memeriksa tanda-tanda apakah si sopir sedang ngantuk atau tidak.

Jika terdeteksi sopir mengantuk, sistem akan mengalihkan ke mode mengemudi otonom level 4. Kemudian secara otomatis pula mobil yang sedang berjalan perlahan-lahan akan mencari tempat yang aman di pinggir jalan dan kemudian berhenti. Teknologi yang dikembangkan oleh Hyundai Mobis ini akan siap pada tahun 2022 nanti.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here