Murid-Murid PAUD dan TK Tergelincir ke Sungai Saat Menaiki Tank TNI

0
243

Jakarta, namalonews.com- Rombongan murid-murid TK dan PAUD yang sedang mengadakan outbond dengan  menaiki tank TNI tergelincir di Sungai Bogowonto, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kabupaten Purworejo, Sabtu (10/3). Insiden kecelakaan tersebut telah menewaskan anggota TNI AD, Pratu Randi Suryadi, dan Ketua Yayasan TK Ananda, Iswandari.

Kecelakaan tank M113 milik Yonif Mekanis Raider 412/6/2 itu sedang melakukan kegiatan pengenalan lingkungan di sekitar asrama. Ketika berkeliling asrama, tank tersebut miring dan terperosok saat hendak berputar di pinggir daratan Sungai Bogowonto yang berpasir.

Akibat kondisi tanah yang tidak kokoh sehingga Ranpur (kendaraan tempur) ini miring, amblas dan terperosok menyebabkan sebagian penumpang Ranpur terjatuh, hanyut terbawa derasnya aliran sungai dan tidak terselamatkan.

Kegiatan luar ruang tersebut diikuti TK Ananda (16 murid dan satu guru), TK Masitoh (71 murid dan 4 guru), TK Siwi (20 murid dan dua guru), PAUD Lestari (20 murid dan 4 guru), PAUD Handayani (35 murid). Sebelum insiden terjadi, rombongan murid-murid tersebut lebih dahulu berkeliling markas, berfoto, dan berlanjut dengan mencoba naik simulator helikopter.

Kepala Penerangan Kostrad, Letkol Inf Putra Widyawinaya, mengatakan pihaknya masih melakukan investigasi internal terkait kecelakaan tank di Sungai Bogowonto, agar tidak terulang di masa yang akan datang.

Pihak Kostrad juga menyatakan siap bertanggung jawab dan menyampaikan bela sungkawa terhadap keluarga korban dan masyarakat terkait insiden ini.

Peristiwa kecelakaan ini mendapat tanggapan dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK). Dia menilai wisata edukasi dengan menaiki kendaraan seperti tank adalah hal biasa yang sering dilakukan.

Namun demikian JK juga menyayangkan jika siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak diajak untuk wisata dengan menggunakan tank.”Anak PAUD itu terlalu kecil,” ujarnya.

Tank M113 tergelincir di Sungai Bogowonto, pernah menjadi andalan pasukan Amerika Serikat di perang Vietnam. Tank ini dibeli dan sampai di Indonesia pada 2014 lampau dan sampai ke Purworejo pada 2016.

Penulis: Agus Yanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here