Pertama kali, Ogoh-ogoh digelar di Ancol

0
838

Jakarta, namalonews.com- Menyambut Hari Raya Nyepi pada akhir pekan (17/03/2018), kegiatan ritual Ogoh-ogoh siap digelar di Ancol. Kegiatan tersebut disatukan dalam bentuk festival meriah.

Dalam Festival tersebut, rangkaian acara keagamaan dengan unsur budaya akan disajikan kepada pengunjung. Ritual Ogoh-ogoh sering dijumpai di Bali karena mayoritas warga Bali menggelar acara tersebut. Kali ini, Ogoh-ogoh disuguhkan dalam konsep Ancol Festival.

Ogoh-ogoh adalah karya seni patung dalam budaya Bali. Ogoh-ogoh menggambarkan kepribadian Bhuta Kala yang menghadirkan kekuatan alam semesta dan waktu yang tidak terukur dan terbantahkan.

Tradisi mengarak Ogoh-ogoh dilaksanakan sehari menjelang Nyepi di Bali.

Ogoh-ogoh dibuat dari anyaman bambu dan diisi jerami serta dilapisi kertas semen. Pada umumnya, setiap ogoh-ogoh mempunyai berat diperkirakan 1,4 ton. Sedangkan, tinggi harus mencapai 2,5 meter.

Ogoh-ogoh akan disajikan pada Minggu (18/03/2018) di Ancol saat penyelenggaraan festival. 6 unit ogoh-ogoh dan tim pengusung akan disaksikan langsung di Ancol nanti. Sementara itu, penari dan penggiring musik diprediksi mencapai ratusan orang.

Di Ancol, Ogoh-ogoh akan melintasi Kawasan Bende sampai Plaza Pantai Lagoon. Selanjutnya, ogoh-ogoh akan menampilkan kisah yang berbeda dan diharapkan bisa membangkitkan semangat pengunjung Ancol. Selain itu, pengunjung juga akan disuguhkan Tari Kecak, Baleganjur, dan banyak lainnya.

Pertama kali di Ancol, penyelenggaraan festival itu akan dimulai pukul 14.00-17.00 WIB. Selain itu, pengunjung juga tidak dipungut biaya tambahan.

Kegiatan festival diadakan untuk memberikan nilai pendidikan akan keragaman budaya di Indonesia. “Ancol Ogoh-Ogoh Festival ini merupakan kegiatan pertama dan terbesar yang kami selenggarakan, tujuannya untuk memberikan edukasi keragaman budaya yang ada di Indonesia. Selama ini pengunjung hanya mengetahui ogoh-ogoh dari media massa dan di pulau dewata Bali, kini dapat disaksikan di Pantai Lagoon Ancol,” ujar Teuku Sahir Syahali, Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol.(disarikan dari detik.com)

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here