Ada Sekitar 4.000 Pulau di Indonesia yang Belum Diberi Nama

0
236

Jakarta, namalonews.com- Indonesia memiliki sekitar  17. 500 pulau dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua. Namun banyak diantara pulau-pulau tersebut yang belum diberi nama.

Ketua DPR Bambang Soesatyo menuturkan, berdasarkan informasi, saat ini masih terdapat sekitar 4.000 pulau yang belum bernama. Pemerintah, kata dia, sebaiknya segera memberi nama bagi pulau-pulau itu.

“Karena sempat ada pemberitaan tentang pernyataan yang membolehkan asing memberi nama 4.000 pulau di Indonesia,” ujarnya Selasa (13/3/2018).

Bambang mengatakan, Indonesia mengacu pada Konvensi Hukum Laut PBB atau United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982. Merujuk ketentuan itu maka pulau terluar akan sangat menentukan wilayah NKRI Sesuai UNCLOS, kata dia, pemberian nama terhadap suatu pulau di wilayah NKRI menjadi hak negara.

“Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga pemerintah harus menjaga kesatuan dan keutuhan bangsa dengan tetap menguasai pulau-pulau walaupun belum diberi nama,” ujarnya.

Pemerintah diharapkan segera menuntaskan penamaan pulau-pulau yang belum memiliki nama. Hal ini dinilai penting sebagai upaya mempertahankan keutuhan wilayah Indonesia dan sekaligus mencegah klaim negara lain atas pulau-pulau di kawasan perbatasan.

Sebelumnya Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa dia berencana untuk mengizinkan asing melabeli (memberikan nama) kepada pulau-pulau yang ada di Tanah Air.

Ditegaskan Luhut, orang asing tersebut tidak bisa memiliki atau membeli pulau. Mereka hanya diberi keistimewaan untuk memberikan nama saja, sementara kepemilikan tetap tercatat sebagai milik Indonesia.
Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here