BI Prediksi Rupiah Menguat Sepekan ke Depan

0
132

Jakarta, namalonews.com- Bank Indonesia (BI) menilai bahwa penguatan Rupiah akan berlanjut dalam sepekan mendatang. Perkiraan tersebut muncul usai meningkatnya nilai tukar rupiah dalam transaksi antar-bank di Jakarta pada Rabu (14/03/2018).

Pertukaran rupiah naik dari Rp 13.735 per dolar AS menjadi Rp 13.731. Dalam hal ini, rupiah menguat empat poin. Lebih lanjut, Bank Indonesia menyebut bahwa stabilitas nilai tukar rupiah telah berlangsung selama sepekan terakhir dan selalu berada di atas nilai fundamental.

“Kami melihat pergerakan rupiah dua hari terakhir positif, atau teru naik,” kata Direktur Departemen Pengelolaan Moneter BI Rahmatullah di Bank Indonesia pada Rabu (14/3/2018).

Selain itu, lanjutnya, koreksi di pasar global selesai dan rupiah kembali di level selanjutnya sesuai nilai fundamentalnya. Menurut Rahmatullah nilai fundamental rupiah harus seiring dengan kondisi pasar global. Dengan kata lain, penguatan nilai tukar rupiah selama ini disebabkan oleh lemahnya dolar AS.

Selain itu, kekhawatiran terhadap akibat kenaikan suku bunga The Fed telah berakhir, dan juga disebabkan kondisi politik pejabat federal reserve yang menyebabkan anjloknya nilai tukar rupiah.

Rahmatullah juga optimistis bahwa pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jong-un membantu melemahnya dolar AS. Bertolak dari keadaan ini, rupiah diprediksi berpotensi menguat.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here