Biaya Haji Tahun Ini Naik Jadi Rp 35,23 Juta

0
129

Jakarta, namalonews.com- Komisi VIII DPR yang membidangi masalah Agama, Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Penanggulangan Bencana, dan Amil Zakat  telah menetapkan Biaya Penyelenggaraan Haji (BPH) tahun ini akan mengalami kenaikan sekitar Rp345 ribu per jemaah atau jadi Rp35,23 juta per jemaah.

Ada tiga faktor yang mempengaruhi kenaikan biaya operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun ini : Pertama, adanya kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi terkait pemberlakuan nilai PPn sebesar 5% untuk semua barang dan jasa yang dikonsumsi dan dipergunakan di Arab Saudi.

Kedua adalah kenaikan harga bahan bakar minyak dan juga tarif listrik di Arab Saudi serta trend kenaikan harga avtur.  Sedangkan yang ketiga, perubanan nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika dan Saudi Riyal.

Meski BPIH pada 2018 ini mengalami kenaikan, namun  Komisi VIII DPR dan pemerintah memastikan kualitas pelayanan kepada  jemaah haji juga akan meningkat.

Hal ini diwujudkan melalui penambahan jumlah petugas mencapai 4.100 orang sesuai dengan peningkatan kuota haji. Lalu, jumlah makan jemaah di Mekah menjadi 40 kali atau meningkat dari tahun lalu sebanyak 25 kali. Sedangkan, jadwal makan di Madinah tetap 18 kali.

Sistem pemondokan di Madinah juga akan mengalami perubahan dengan menerapkan sistem full booking time. Berbeda dari tahun sebelumnya yang tidak full booking time, namun berdasarkan kedatangan.
Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here