Powerbank Dilarang Masuk Kapal Terbang

0
170

Jakarta, namalonews.com- Sesuai Surat Edaran yang dikeluarkan Kementrian Perhubungan Nomor 015/2018, mulai saat ini setiap powerbank dan baterai lithium cadangan yang dibawa ke pesawat terbang kini dibatasi dayanya.

Jika powerbank memiliki kapasitas di bawah 100 Wh, maka boleh dibawa dengan terlebih dahulu melapo ke petugas konter check-in di bandara. Namun apabila power bank yang dibawa penumpang tersebut berkapasitas 100 Wh hingga 160 Wh, maka harus mendapat persetujuan dari maskapai.
Sementara itu, apabila powerbank memiliki daya lebih dari 160 Wh maka dilarang dibawa naik ke pesawat. Meskipun diperbolehkan dibawa masuk, setiap penumpang hanya boleh membawa maksimal 2 unit saja.

Surat Edaran ini berlaku bagi maskapai penerbangan baik dalam negeri maupun luar negeri yang terbang di atau dari wilayah Indonesia. Selain itu, powerbank itu harus ditempatkan pada bagasi kabin dan dilarang pada bagasi tercatat.

Peraturan ini muncul setelah belum lama ini terjadi ledakan kebakaran akibat meledaknya powerbank yang berada di tas jinjing yang diletakkan di hatrack dalam sebuah penerbangan di China.
Belum lama ini sebuah powerbank alias charger portabel tiba-tiba saja mengeluarkan api di dalam kabin pesawat China Southern Airlines yang kemudian memicu kepanikan. Powerbank yang terbakar itu diletakkan di dalam kompartemen di atas tempat duduk penumpang.
Seperti dilansir media Malaysia, The Star, insiden ini terjadi saat pesawat masih boarding di Bandara Internasional Baiyun Guangzhou. Dampaknya, penerbangan tujuan Shanghai dengan nomor CZ3539 itu ditunda selama tiga jam.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here