Stephen Hawking: Ahli Fisika Dunia Tutup Usia

0
356

Jakarta, namalonews.com- Masih ingatkah dengan pelajaran Fisika?  Fisika adalah ilmu untuk mengenali alam. Fisika mempelajari unsur-unsur pembentukan alam semesta maupun gaya dan akibatnya. Ingat Fisika berarti ingat tokoh Fisika dunia  Stephen Hawking.

Ahli fisika terkemuka di dunia, Stephen Hawking, telah meninggal dunia pada usia 76 tahun. Pria kelahiran Oxford itu meninggal di kediamannya yang berada di Cambridge. Berita ini disampaikan, Rabu (14/3/2018) langsung oleh sang anak, Lucy, Robert dan Tim

Beliau lahir pada 8 Januari 1942 di Oxford, Inggris. Berbekal menekuni studi ilmu alam di Universitas Oxford pada 1959, alhasil meraih gelar doktor di Universitas Cambridge. Pada 1963, Stephen Hawking didiagnosa mengidap penyakit saraf yang mempengaruhi kemampuan motorik. Dia diperkirakan hanya mampu bertahan hidup selama dua tahun. Teori pada 1974 bahwa lubang hitam memancarkan “radiasi Hawking”.

Merilis buku A Brief History of Time pada 1988. Buku itu terjual lebih dari 10 juta eksemplar. Kisahnya dijadikan film The Theory of Everything yang dibintangi Eddie Redmayne pada 2014.

“Kami berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya ayah kami pada hari ini. Kami akan merindukannya selamanya,” tulisnya dalam keterangan resmi otoritas.

“Dia adalah ilmuwan hebat dan pria luar biasa yang ide dan warisannya akan diteruskan selama bertahun-tahun”.

Pria asal Inggris itu dikenal melalui karyanya di bidang ‘lubang hitam’ dan relativitas. Namanya kesohor berkat briliannya lewat karya yang berupa buku sains hasil nyatanya.

Sebelum mengembuskan napas terakhir, Hawking mengidap penyakit motor neuron sejak 1963. Meskipun berkondisi seperti itu, ia tetap melanjutkan studinya di Cambridge University dan mengantarkannya sebagai salah satu fisikawan paling berpengaruh sejak masa Albert Einstein. Kisah hidupnya sempat diangkat ke dalam film layar lebar ‘The Theory of everything’ yang dibintangi Eddie Redmayne pada 2014 lalu.

“Dia pernah berkata, ‘Jagat ini tidak berarti banyak jika bukan menjadi kediaman orang yang kamu cintai’. Kami akan senantiasa merindukannya,” ujar keluarga tercinta.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here