Hilangkan Ngorok Dengan Cara Karokean

0
159

Jakarta, namalonews.com- Ada ketidaknyamanan saat kita tidur bersama orang yang mendengkur atau ngorok. Kenyataannya memang suara ngorok tidak cuma mengganggu tidur orang lain, tapi juga kualitas tidur pendengkur itu sendiri.

Sebuah penelitian menemukan bahwa latihan bernyanyi (karokean) bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ngorok tanpa efek samping. Dilansir dari laman NHS Choice, tim peneliti dari the Royal Devon and Exeter NHS Foundation Trust menemukan bahwa latihan bernyanyi bisa menjadi cara menghilangkan ngorok yang efektif.

Dalam sebuah penelitian tersebut tim telah mengamati 127 orang yang memiliki kebiasaan mendengkur ringan hingga yang ngorok kronis akibat sleep apnea.

Studi ini menyimpulkan bahwa mereka yang rutin berlatih vokal 20 menit sehari selama 3 bulan menjadi lebih jarang ngorok daripada kelompok yang tidak melakukan aktivitas bernyanyi.

Selain itu, mereka yang berlatih vokal setiap hari juga menunjukkan stamina yang lebih tinggi selama beraktivitas dan tidak menunjukkan rasa kantuk di siang hari.

Latihan bernyanyi yang rutin, lapor peneliti, dapat mengurangi tingkat keparahan dengkuran, frekuensi mendengkur, dan volume suara dengkuran sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas tidur.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here