Mahfud MD : Siap Dampingi Jokowi

0
485

Jakarta, namalonews.com- Siapa yang tak kenal dengan sosok yang satu ini. Mantan Ketua MK (Mahkamah Konstitusi) yakni Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U.  Beliau siap mendampingi Jokowi di Pilpres mendatang. Setelah dirinya dimunculkan sebagai sosok yang layak mendampingi Presiden Joko Widodo sebagai calon wakil presiden.

“Tiba-tiba masuk, ya bagus juga perkembangan demokrasi, artinya suara lain dari mainstream itu bisa muncul, dari masyarakat seperti saya,” kata Mahfud pada media  di Jakarta, kemarin.

Pria kelahiran Kabupaten Sampang, 13 Mei 1957 itu bersedia menjadi cawapres Jokowi. Mahfud ingin menyerahkan sepenuhnya mekanisme yang ada dalam masing-masing parpol serta kepada Presiden Joko Widodo sendiri.

“Saya juga bukan tidak mau karena kalau tak mau itu diartikan sombong. Pada akhirnya kita serahkan ke mekanisme, dan itu ada di tangan capres dan partai-partai nanti,” kata Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 dan Hakim Konstitusi periode 2008-2013, yang  sebelumnya  anggota DPR dan Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional telah lama bersinergi dengan partai-partai yang berkoalisi dengan pemerintah. Meski komunikasi sinergi tersebut tidak terlalu masif.

“Komunikasi informal ada, formalnya mereka nanti harus kongres atau apa, kan, gitu. Kalau informal itu artinya sambil bicara atau saling lempar bola, tetapi saya selalu katakan saya pada posisi pasif, tak aktif juga,” kata Mahfud.

Di tempat terpisah, “Saya berpikir dan berani untuk mencoba untuk menawarkan nama yang ideal, Profesor Mahfud,” kata Donal, dalam diskusi yang diselenggarakan ICW bertema ‘Pencalonan Pilpres 2019’ di Jakarta beberapa waktu lalu.

Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz  menilai, Mahfud memenuhi tiga syarat capres dan cawapres yang ideal. Kriteria tersebut adalah harus sosok bersih dan negarawan, memiliki visi penegakan hukum dan demokrasi yang kuat dan konsisten, berani melawan mafia hukum dan mafia bisnis.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here