25 Armada Bus “Hybrid” Segera Mengaspal di India

0
173

Jakarta, namalonews.com- Pabrikan kendaraan penumpang dan komersial asal India, Tata Motors, kini resmi bekerja sama dengan Mumbai Metropolitan Region Development Authority (MMRDA), untuk menyuplai 25 unit bus hybrid. Demikian dalam siaran resminya yang diumumkan Sabtu (17/3/2018).

Pesanan yang diberikan kepada Tata Motors ini termasuk terbanyak yang diberikan pada satu produsen, untuk bus yang mengadopsi teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV). Nantinya MMRDA akan menggunakan armada  bus ini untuk menghubungkan wilayah Bandra Kurla Complex (BKC) ke Stasiun Kereta Sion.

Varian bus Tata Starbus Hybrid Electric Bus yang dikombinasikan dengan mesin diesel, dan dikembangkan secara lokal ini tergolong ekonomis, aman dan ramah lingkungan. Teknologi hybrid-nya menawarkan biaya kepemilikan terendah.

Pemilk bisa menghemat penggunaan bahan bakar yang lebih baik 25 persen sampai 30 persen. Sementara itu pengurangan emisi yang berhasil dicapai, dibanding dengan bus konvensional mencapai sekitar 30 sampai 35 persen dari total jarak tempuh.

Ravi Pisharody, Direktur Eksekutif, Executive Director, Commercial Vehicle Business Unit, Tata Motors mengaku terus berperan aktif dalam mendukung jutaan masyarakat setiap hari, dengan berbagai solusi produk di seluruh segmen, dan Tata Starbus Hybrid Electric Bus adalah salah satunya.

“Kami sangat senang bisa menjadi mitra MMRDA untuk menyediakan 25 bus . Juga untuk visi bersama tentang solusi transportasi hemat biaya yang berkelanjutan. Bersama electric mobility sebagai solusi untuk masa depan, kami akan menyesuaikan diri untuk mengejar potensi besar dari teknologi ini, di sini, di India,” tutur Ravi.

Hingga saat ini, setidaknya sudah ada 10 armada bus hybrid produksi Tata yang sudah melanglang buana. Di Eropa misalnya telah  beroperasi mobil hybrid di kota Madrid, Spanyol dan rata-rata telah menempuh jarah lebih dari 1 juta km.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here