KTT Spesial ASEAN – Australia Hasilkan Deklarasi Sydney

0
140

Jakarta, namalonews.com- Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Istimewa ASEAN-Australia 2018 akhirnya telah disepakati sebuah komitmen atau Deklarasi Sydney. Demikian laporan yang dilansir dariAustralia Plus, Senin (19/03/2018).

Deklarasi tersebut merupakan pernyataan bersama para pemimpin ASEAN dan Australia, perihal tanggapan terhadap situasi di Korea Utara, terorisme, dan kejahatan ekstremisme.

Pernyataan yang dibuat bersama setebal tujuh halaman tersebut juga meminta Korea Utara mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB, terkait penghapusan penggunaan senjata nuklir, atau denuklirisasi.

“Kami memiliki kekhawatiran serius tentang meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea, termasuk program rudal nuklir dan balistik Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), yang mengancam perdamaian dan keamanan regional dan global,” tulis pernyataan tersebut.

Di sisi lain, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengatakan bahwa ASEAN merupakan 10 tetangga terpenting bagi Australia, serta mitra penting untuk meningkatkan keamanan dan kemakmuran kawasan terkait.

Sementara itu, Presiden Jokowi sebelumnya mengatakan bahwa ide yang yang bagus seandainya Australia menjadi anggota ASEAN. Namun secara diplomatis Tumbull menyebut, “Urusan ASEAN adalah urusan untuk ASEAN. Kami punya rasa hormat yang besar terhadap ASEAN, dengan caranya mencapai mufakat. Kami adalah mitra dialog dengan ASEAN dan kami menghormati sentralitas ASEAN, signifikansinya, betapa penting peranannya di wilayah kita,” ujar Turnbull.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here