Pembangunan PLBN Skouw Bantu Perkuat Ekonomi Masyarakat

0
269

Jakarta, namalonews.com- Pemerintah terus memperkuat pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Saat ini, PLBN Terpadu Skouw menjadi fokus perhatian karena memasuki tahap kedua dalam proses penyelesaiannya. Pemerintah menilai pembangunan PLBN Terpadu Skouw diharapkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi warga Distrik Muara Tami, Jayapura.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyebut kesejahteraan masyarakat perbatasan dapat melonjak naik jika PLBN digunakan dengan bijak.

“Pembangunan PLBN Skouw tidak hanya gagah-gagahan, namun sebagai embrio pertumbuhan ekonomi,”jelasnya pada Minggu (18/03/2018).

Selain itu, pemerintah juga turut membangun 304 kios untuk mengakomodasi pasar-pasar yang masih dalam proses perbaikan. Basuki berharap pasar lama yang sedang diperbaiki tersebut rampung pada Agustus 2018.

Sejauh ini, progres pembangunan PLBN dan pendukung berupa pasar diprediksi mencapai 80,87 persen. “Pemasangan penutup atap pasar, pemasangan atap pos polisi, pengecatan dinding pos TNI, pekerjaan struktur bawah masjid, pekerjaan rumah dinas polisi, dan penyelesaian lantai amphiteater sedang dikerjakan sekarang,” jelasnya.

Disebutkan bahwa luas kawasan mencapai 12,20 hektare. Luas bangunan diprediksi mencapai 9.921 meter persegi, termasuk pasar dan area komersial tercatat 3.600 meter persegi, dan termasuk fasilitas umum.

Total anggaran pembangunan kawasan Skouw Distrik Muara Tami Jayapura mencapai Rp 246 miliar.

“Nanti juga akan ada terminal, yang pengaturannya akan dilakukan oleh kementerian perhubungan yang saling mendukung sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan destinasi wisata serta kesenian,” jelas Basuki.

Di samping itu, pemerintah juga akan mengembangkan infrastruktur permukiman, terutama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) 50 liter per detik untuk 577 rumah.

Pada kawasan perbatasan Skouw juga telah dibangun 50 unit rumah khusus bagi masyarakat.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here