Pemerintah Akan Sediakan Jalur Khusus Bus di Tol Jagorawi

0
153
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) bersama Dirjen Buna Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto (kiri) dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengikuti raker dan rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/7). Raker dan RDPU tersebut membahas evaluasi pelaksanaan angkutan lebaran yang dinilai berjalan lancar. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc/17.

Jakarta, namalonews.com- Pemerintah sedang mengkaji kebijakan menyiapkan jalur khusus bus di Tol Jagorawi. Disebutkan, kebijakan itu akan mulai diberlakukan paling lambat dalam 2 pekan mendatang.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membenarkan adanya rencana penerapan jalur khusus bus di Tol tersebut. Menhub Budi Karya Sumadi menilai penyediaan jalur khusus tersebut untuk mengantisipasi kemacetan.

“Iya, kami sedang kaji rencana penarapan jalur khusus untuk bus di Tol Jagorawai. kami berharap dengan itu, kemacetan bisa dihindari,” katanya di Bekasi-Jawa Barat pada Minggu (18/03/2018).

Kebijakan di Jalan Tol Jagorawi tersebut, lanjut Budi Karya Sumadi, tidak mengarah kepada pembatasan kendaraan dengan menerapkan sistem ganjil-genap. Akan tetapi, kebijakan yang dimaksud, tegas Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II, hanya menyediakan lajur khusus bus.

“Jadi, Jagorawi lebih merujuk ke lajur khusus bus, karena truk yang lewat dikit dan di sana (Jalan tol Jagorawi) tingkat rasio kendaraan belum menimbulkan kepadatan,” katanya.

Budi Karya Sumadi memperkirakan kebijakan lajur khusus bus segera diberlakukan dalam waktu dekat di jalan Tol Jagorawi tersebut.

Paling lama, menurut Budi Karya, 2 minggu lagi, mulai diberlakukannya.

“Selain itu, lajur khusus bus tersebut terletak di jalur 1 yang bersebelahan dengan bahu jalan. Lajur khusus bus tersebut akan menggunakan tanda berbentuk segitiga,” jelasnya

Lajur khusus bus tersebut tidak hanya berlaku bagi angkutan bus Transjabodetabek tetapi juga untuk angkutan bus lainnya. Misalnya; bus pariwisata.

Saat ini, kebijakan lajur khusus bus telah diterapkan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here