15 Ribu Ekor Sapi Akan Segera Diimpor

0
138

Jakarta, namalonews.com- Pemerintah menargetkan 2026 Indonesia bisa mengekspor sapi ke negara lain. Untuk mewujudkan target itu, Indonesia harus mampu mencapai 33 juga populasi sapi.

“Kita perlu 33 populasi baru untuk bisa impor. Karena itu, jangan berhenti dan diikuti nanti investor swasta mendorong terjadinya peningkatan populasi,” kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Heman, Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita pada Selasa (20/03/2018).

Lebih lanjut, I Ketut Diarmita menjelaskan populasi sapi nasional saat ini diprediksi mencapai 16 juta populasi.

I Ketut berharap populasi sapi bisa meningkat lagi di 2018 seiring dilanjutkannya program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting.

Dalam hubungan dengan itu, pemerintah optimistis kerja sama semua pihak, khususnya antara masyarakat bisa mencapai target pada 2026. Selain itu, dia juga berharap Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia pada 2026.

Selain peningkatan populasi, I Ketut menilai perubahan pola pikir pun terjadi di masyarakat sekarang. Hal itu terbukti dari cara masyarakat yang kini mulai beralih dari beternak sapi perah jantan menjadi sapi perah betina.

Untuk menggenjot populasi tersebut, I Ketut menyebut pemerintah akan melakukan impor 15 ribu sapi indukan dalam waktu dekat.

“Tahun ini, 15 ribu sapi indukan impor yang akan diberikan ke petani untuk mendorong lonjakan populasi tersebut,” katanya.

Selain itu, dia juga menilai bahwa upaya khusus sapi indukan wajib bunting berhasil.

Tercatat bahwa pelayanan inseminasi buatan dari Januari 2017-Maret 2018 telah terealisasi sebanyak 4.900.000 ekor. Sedangkan, sapi dalam kondisi bunting diprediksi mencapai 2.190.00 ekor, dan kelahiran ternak sapi hingga Maret mencapai 1.100.000 ekor.

Diinformasikan pula, Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting adalah salah satu program yang dicanangkan pemerintah, khususnya kementerian pertanian untuk mengakselerasi percepatan target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here