Awas, Ada Satelit Milik China Jatuh ke Wilayah Indonesia

0
245

Jakarta, namalonews.com- Sebuah satelit sebesar mobil bus milik Pemerintah China, Tiangong-1, diperkirakan akan jatuh ke wilayah Indonesia. Prediksi jatuhnya stasiun luar angkasa tersebut baru akan terjadi pada bulan April nanti.

Karena perkiraan jatuhnya satelit tersebut antara awal sampai pertengahan April, jadi masih ada waktu cukup lama kapan jatuhnya satelit tersebut. Namun sebelum waktu tersebut benda ini akan terlihat di langit Indonesia, bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang.

Pada rentang waktu 18 hingga 24 Maret 2018, Tiangong-1 diperkirakan akan melintas di atas Indonesia terutama pada saat fajar dan senja.  Orang di bumi akan melihat saat-saat terakhir Tiangong-1 di langit sepanjang cuaca cerah.

Marufin juga menjelaskan setidaknya ada 3 kota di Indonesia yang menjadi tempat kita bisa menyaksikan Tiangong-1. Ketiga kota tersebut adalah Jakarta, Makassar, dan Sorong.

Tiangong-1 di Indonesia kemungkinan dapat terlihat di Jakarta pada 19, 20, 22, dan 23 Maret 2018. Durasi terlihatnya cukup singkat hanya sekitar 1 hingga 4 menit saja. Sedangkan di Makassar, terlihat pada 20 dan 22 Maret 2018. Di Sorong, stasiun luar angkasa tersebut terlihat pada 19 hingga 24 Maret 2018.

Tiangong-1diluncurkan pada 2011. Sebelum kehilangan kendali, Tiangong-1 terbukti bisa ditinggali dengan dua kali dihuni oleh kru astronot. Negara China akhairnya untuk pertama kalinya mengakui bahwa mereka telah kehilangan kendali Tiangong-1 pada 2016.

Penulis: Agus Yanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here