Dewan Pers: Pergub Tempat Hiburan, Pemprov DKI Harus Jeli

0
320

Jakarta, namalonews.com- Jakarta bisa dibilang kota yang tak pernah tidur. Pelbagai hiruk pikuk mencampurinya. Bahkan tempat pelipur duka cita pun berderet kian mengendus. Berderet kemudahan dan kenikmatan disuguhkan.

Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Peraturan Gubernur (pergub) Nomor 18 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata. Pergub ini diterbitkan pada 12 Maret 2018. Dengan Pergub tersebut Pemprov DKI bisa lebih mudah menutup tempat usaha yang terindikasi membiarkan praktik-praktik terlarang.

Pergub itu mempermudah Pemprov DKI dalam mengawasi tempat hiburan yang ada. “Tentu (mempermudah pengawasan), jadi enggak usah kucing-kucingan lagi,” ujar Anies pada media kemarin.

Bunyi beberapa pasal dalam Pergub tersebut: Pasal 54 ayat (1): Setiap pengusaha dan/atau manajemen perusahaan pariwisata yang terbukti tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 38 ayat (2) huruf t berdasarkan hasil temuan di lapangan, informasi yang bersumber dari media massa dan/atau pengaduan masyarakat dengan melakukan pembiaran terjadinya peredaran, penjualan dan pemakaian narkotika dan/atau zat psikotropika lainnya di lokasi tempat usaha pariwisata dalam 1 (satu) manajemen dilakukan pencabutan TDUP secara langsung tanpa melalui tahapan sanksi teguran tertulis pertama, teguran tertulis kedua, teguran tertulis ketiga dan penghentian sementara kegiatan usaha.

Sementara di tempat terpisah, Rabu (21/03/2018) Nezar Patria, anggota Dewan Pers menyikapi, ”Ada baiknya itu sebagai informasi awal yang kemudian dikonfirmasi ulang oleh aparatur Pemprov DKI sebelum melakukan penutupan.”

Upaya guna mencegah jika ada laporan media yang tidak bertanggung jawab sekalogus menghindari fitnah. Nezar tetap mengapreasiasi Pemprov DKI Jakarta tentang laporan media.

“Kami sangat gembira bahwa laporan media menjadi salah satu dasar untuk pengambilan tindakan, tetapi sebaiknya Gubernur juga melakukan jalur check and rechek melalui instrumen pemerintahan yang mereka miliki,” tutupnya.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here