KPU: Pemilu 2019 Pakai Kotak Suara Transparan

0
140

Jakarta, namalonews.com- Komisi Pemilihan Umum menyepakati akan menggunakan kotak suara transparan pada pelaksanaan pemungutan suara pemilu 2019. Ketua KPU Arief Budiman menyebut akan menggunakan bahan dasar karton kedap air dan bersifat habis pakai.

Arief menjelaskan kotak suara transparan tersebut tidak akan dipergunakan kembali nantinya.

“Jadi, kotak suara transparan digunakan, jika sudah selesai, ditunggu sampai masa penghapusannya diperbolehkan atau ditunggu hingga proses sidang atau sengketa pemilu kelar. Peserta pemilu dilantik. Jika semua sudah oke, maka itu sudah bisa dihapus atau tidak digunakan lagi. Dengan demikian, kita tidak perlu menyewa gudang penyimpanan lagi agar lebih efisien,” jelas Arief.

“Transparan bukan berarti tidak mempertimbangkan efisiensi. Kami menekankan bahwa pemilu 2019 menggunakan kotak suara transparan dan tetap mengutamakan semangat efisiensi,” tegas Arief pada Rabu (21/03/2017).

Selain itu, KPU juga menilai kotak suara transparan bisa diproduksi banyak dan biayanya murah. Kotak suara transparan tersebut tidak membutuhkan atau menghabiskan anggaran besar untuk menyewa gudang dan sebagainya.

“Selain itu, setelah sekali dipakai akan ada proses purna jual kotak suara transparan yang hasilnya akan masuk ke dalam kas negara,” lanjutnya.

Tentu, menurut ketua KPU, kotak suara lama akan tetap digunakan jika masih bisa diandalkan lagi.

Arief menjelaskan kotak suara lami masih tersimpan di KPU; baik pusat maupun daerah. Sebelum digunakan nanti, KPU pastikan akan memeriksa secara teliti kotak suara lama tersebut.

Sementara itu, KPU belum bisa memastikan jumlah kebutuhan kotak suara transparan untuk pemilu 2019. KPU, katanya, akan terlebih dahulu melakukan pendataan ketersediaan kotak suara pada tahun ini.

“Kami terakhir melakukan pendataan pada 2016. Tahun ini, kami belum cek lagi berapa ketersediaan kotak suara yang tersisa,” kata komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi.

Sebelumnya, berdasarkan data sementara KPU, kebutuhan kotak suara pemilu 2019 diprediksi mencapai 4.740.559 unit. Selain itu, KPU masih memiliki 1.543.040 kotak suara berbahan dasar alumunium dan bisa dipakai lagi di Pemilu mendatang. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa KPU masih membutuhkan 3.197.578 unit kotak suara untuk pemilu 2019.

Diinformasikan bahwa penggunaan kotak suara transparan diatur oleh Undang-Undang Pemilu nomor 7 tahun 2017, pasal 341 ayat (1) huruf a. Disebutkan bahwa perlengkapan kota suara untuk pemungutan suara di pemilu 2019 bersifat transparan.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here