“Bravo Lima” Akan Kembali Sukseskan Jokowi di Pilpres 2019

0
293

Jakarta, namalonews.com- Pertarungan capres kian hari kian mendekat, tapi baru Jokowi satu-satunya yang berani mencalonkan diri. Dari kubu lain belum terlihat kandidatnya, mereka seakan wait and see menunggu waktu yang tepat untuk mencalonkan diri sebagai capres.

Ini satu langkah lebih maju, karena dikabarkan Presiden Joko Widodo tengah menyiapkan tim khusus untuk pemenangan Pemilihan Presiden 2019 dengan melibatkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan mantan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Seperti dikutip dari situs Asia Times, wartawan asal Selandia baru yang pernah lama tinggal di Indonesia, John McBeth, menulis peran yang dijalankan Luhut dan Andi Widjajanto.

McBeth menyebut bahwa Luhut Pandjaitan memang belum membentuk tim pemenangan Jokowi untuk Pilpres 2019 secara formal. Akan tetapi, pensiunan TNI ini dikatakannya sudah menghidupkan kembali Brava Lima, kelompok yang terdiri dari lebih 20 pensiunan jenderal.

Sebagian besar jenderal tersebut dikabarkan dari Akademi Militer angkatan 1970, yang memainkan peranan penting di balik kemenangan Jokowi pada Pilpres 2014.

Sementara itu, nama mantan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto juga menyeruak. Andi disebut telah ditunjuk sebagai pimpinan “Tim Charlie” beranggotakan 15 pensiunan jenderal yang siap untuk memenangkan Jokowi.

Namun, saat dikonfirmasi, Andi mengaku tidak tahu mengenai keberadaan Tim Charlie. Dia bahkan menjelaskan bahwa dirinya hanya menyiapkan kelompok kerja yang membahas hubungan sipil-militer.

“(Saya) tidak tahu tentang Tim Charlie. Yang sedang saya siapkan Pokja 8, fokusnya tentang hubungan sipil-militer,” kata Andi Widjajanto seperti dilansir Kompas.com.

Andi menjelaskan, ada dua kajian yang dia lakukan, yaitu transformasi pertahanan dan reformasi sektor keamanan. Adapun, Luhut Pandjaitan sebelumnya mengaku tidak terlalu terlibat dalam pembahasan Pilpres 2019, terutama dalam menjaring nama-nama cawapres.

Penulis: Agus Yanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here