Kopassus akan Kembangkan Satuan Siber

0
313

Jakarta, namalonews.com- Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar upacara serah terima satuan dari Mayjen TNI Madsuni kepada Danjen Kopassus Mayjen TNI Eko Margiyono. Upacara serah terima pasukan tersebut berlangsung di lapangan Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (23/3/2018).

Upacara serah terima satuan yang dimulai pada pukul 09.00 wib ini diawali dengan atraksi penembakan sniper terhadap dua buah boneka dengan diiringi oleh beberapa kendaraan roda dua dan roda empat. Tak lama berselang pasukan masuk secara bersama dan berbaris di lapangan.

Mayjen TNI Madsuni dan Danjen Kopassus Mayjen TNI Eko Margiyono pun memasuki lapangan upacara. Keduanya langsung berdiri di atas podium yang berada di depan pasukan baret merah.

Mantan Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni dalam pidatonya mengatakan berterima kasih kepada seluruh prajurit Baret Merah. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh baret merah dan mitra Kopassus yang selama ini banyak memberikan bantuan dukungan dan kerjasamanya, sehingga selama hampir 1,5 tahun saya menjabat Danjen Kopassus semua tugas berjalan dengan baik,” kata Madsuni.

Masih dalam kesempatan yang sama, Eko juga berterimakasih kepada Madsuni yang telah memimpin Kopassus hingga mencapai berbagai prestasi. “Kita ketahui banyak gagasan yang diberikan dalam rangka memajukan Kopassus. Ide, dan pemikiran baru yang menjadi patut dilanjutkan, seperti menghidupkan kembali pertempuran hutan, pertempuran perkotaan,” ujar Eko.

Lanjut Eko, Kopassus harus terus mengembangkan kemampuannya seiring perkembangan teknologi informasi. Salah satunya adalah. meningkatkan kemampuan penanganan ancaman siber (dunia maya).

“Menghadapi perkembangan zaman, Kopassus juga sedang membentuk dan mengembangkan Satuan Siber Kopassus dalam rangka menghadapi perang asimetris,” ungkapnya.

Upacara serah terima pasukan ini dihadiri sejumlah tokoh mantan anggota Baret Merah, di antaranya Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Wantimpres Agum Gumelar, dan sejumlah mantan Danjen Kopassus lainnya.

Seperti diketahui,  Mayjen TNI Eko Margiyono terlahir di Jawa Tengah 12 Mei 1967. Dalam perjalanan kariernya, pernah menjabat sejumlah jabatan penting, diantaranya Wakil Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Waasops Kasad) pada 2015, dan Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya pada 16 Maret 2017. Pada tahun 2010, Eko merupakan Komandan Group A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here