Peran Indonesia dalam Perang Dagang AS-Tiongkok

0
145
China and USA relationship.

Jakarta, namalonews.com- Perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok tak kunjung henti. Indonesia pun turut berperan untuk membantu memecahkan masalah perdagangan di antara kedua negara tersebut.

Indonesia pun berharap perang dagang antara AS dan Tiongkok bisa diselesaikan melalui  Organisasi perdagangan Internasional atau World Trade Organization (WTO).

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Kerja sama multilateral Kementerian Luar Negeri Febrian A Ruddyard pada Senin (26/03/2018).

“Sebaiknya, perang perdaganan antara AS dan Tiongkok dikembalikan ke mekanisme penyelesaian perselisihan dagang melalui WTO,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan semua negara akan terkena akibat dari perang dagang 2 kekuatan ekonomi dunia itu. Hal ini, lanjutnya, disebabkan karena perdagangan sudah saling mengaitkan kepentingan antarsemua negara.

“WTO menjadi tempat ideal untuk menyelesaikan perselisihan perdagangan karena di sana melibatkan ahli hukum. Dengan demikian, objektivitas dan legalitas akan dijunjung tinggi,” tegasnya.

Selain itu, pemerhati perdagangan dunia dari UGM Doktor Poppy  S Winanti menyebut perang dagang itu perlu dicermati oleh Indonesia secara hati-hati.

“Jika ditanggapi oleh Tiongkok dan Uni Eropa maka dampaknya akan lebih buruk bagi perdagangan dunia. Sejauh ini, Tiongkok memilih diam terkait masalah perdagangan tersebut,” katanya

Sedangkan, Direktur Perdagangan Komoditi Kementerian Luar Negeri Tri Purnajaya menegaskan bahwa WTO hanya menjadi sarana untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong stabilitas ekonomi dunia.

Tri Purnajaya pun berharap semua pembuat kebijakan tidak melanggar norma perdagangan WTO yang bisa digugat oleh negara lain.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here