Tonggak Awal Era Baru Antara Grab dan Uber

0
134
Grab's CEO Anthony Tan speaks during Grab's fifth anniversary news conference in Singapore June 6, 2017. REUTERS/Edgar Su

Jakarta, namalonews.com- Akuisisi Grab terhadap Uber disebut sebagai tonggak dimulainya era baru bagi perusahaan internet terbesar di Asia Tenggara.

Hal itu disampaikan oleh Group CEO dan Co-Founder Grab Anthony Tan pada Senin (26/03/2018).

“Penggabungan bisnis ini melahirkan pemimpin dalam platform dan efisiensi biaya di kawasan Asia Tenggara. Bersama Uber, kami berada di posisi yang tepat untuk memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen,” katanya.

Hal itu ditegaskan usai Grab mengumumkan akuisisi secara resmi terhadap operasional Uber di Asia Tenggara. Tan menilai kesepakatan ini menjadi aksi korporasi terbesar antara perusahaan internet di Asia Tenggara.

Grab berkomitmen akan mengintegrasikan bisnis layanan pemesanan kendaraan dan pesan-antar makanan milik dari uber ke platform transportasi multi-moda serta fintech yang dimiliki Grab.

Melalui akuisisi ini, Grab bakal menjadi mobile platform online ti offline terbesar di Asia Tenggara sekaligus pemeran utama dalam bisnis layanan pesan-antar makanan.

Tan menjelaskan bahwa Grab menyediakan layanan utama untuk konsumen di Asia Tenggara. Di antaranya, lanjut Tan, layanan transportasi aman dan terjangkau, layanan pesan-antar makanan, pengiriman paket, layanan pembayaran berbasis ponsel cerdas, dan layanan keuangan berjalan lancar dant terjamin.

Disebutkan pula bahwa Grab bakal memperluas kepemimpinannya sebagai platform terefisien dari segi biaya di Asia Tenggara. Grab mengakuisisi operasional Uber dan aset-asetnya di Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Sebagai bagian dari akuisisi, Uber bakal mendapatkan 27,5 persen saham di Grab. Kemudian, CEO Uber Dara Khosrowshahi akan bergabung dengan dewan direksi Grab.

“Kami bangga, perusahaan yang didirikan di Asia Tenggara telah tumbuh menjadi platform terbesar. Layanan kami telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari aktivitas harian jutaan konsumen dan menyediakan kesempatan kerja bagi lebih dari 5 juta orang,” kata Anthony Tan.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here