Akibat Menolak Dipindahkan, 414 Perwira Polri Menganggur

0
247

Jakarta, namalonews.com- Akibat dari tidak berimbangnya antara penyediaan dan permintaan, sebanyak 414 perwira Polri saat ini sedang menganggur atau non job. Demikian menurut Kepala Biro Penerang Masyarakat Markas Besar Polri Brigadir Jenderal M.Iqbal. Salah satu pangkat yang paling banyak macet untuk naik jabatan adalah komisaris besar (Kombes).

“Saat ini, kami sedang melakukan pembenahan tata kelola sumber daya manusia (SDM) di Polri,” ujar Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, (26/03/2018).

Kondisi non job itu biasanya terjadi setelah para perwira bersekolah pimpinan. Banyak diantaranya yang menolak dipindahkan ke daerah dan lebih memilih menganggur.

Adapun yang dimaksud menganggur adalah mereka ditempatkan sebagai analisis kebijakan (anjak) dan tidak memiliki jabatan secara struktural. Akibatnya, di polda-polda di luar Jawa, banyak sekali jabatan kosong.

Polri sekarang ini terus berupaya mengurangi jabatan anjak dengan cara mengajukan jabatan anjak sebagai jabatan struktural kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. “Kalau sudah struktural, tidak non-job lagi,” tutur Iqbal.

Usul tersebut kini sudah masuk ke tahapan finalisasi dan tinggal menunggu persetujuan. Iqbal berharap ke depan masalah demand dan supply jabatan itu bisa teratasi. “SDM Polri sudah melakukan langkah strategis untuk mengikis itu,” ujarnya.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here