Pembangunan Infrastruktur dinilai Tidak Mendongkrak Ekonomi

0
135

Jakarta, namalonews.com- Pembangunan Infrastruktur menjadi salah satu prioritas kinerja pemerintahan Presiden Jokowi.

Pemerintah menilai pembangunan infrastruktur menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah kesenjangan pertumbuhan ekonomi. Selama ini, pertumbuhan ekonomi disebutkan hanya berpusat di Pulau Jawa. Sedangkan, pertumbuhan ekonomi luar Jawa dikatakan melambat.

Oleh karena itu, Pemerintah gencar dan genjot dalam pembangunan infrastruktur, khususnya jalan. Dengan pembangunan infrastruktur tersebut, antara daerah yang satu dengan lainnya bisa dijangkau dengan mudah.

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance Rizal Taufikurahman menilai efek pembangunan infrastruktur masih belum mengencangkan perputaran roda ekonomi nasional.

Saat ini, ekonomi nasional masih tumbuh di kisaran 5 persen. “Infrasturktur itu perlu untuk mengejar ketertinggalan di Asia Tenggara. Tapi, fokusnya adalah hanya yang prioritas. Jadi, pemerintah seharusnya hanya membangun yang betul-betul mendorong pertumbuhan nilai tambah dari sektor produktif,” kata Rizal pada Selasa (27/03/2018).

Dia menyebut pembangunan infrastruktur pemerintah tidak terfokus pada mempermudah akses pelaku industri dalam mengirimkan barang. Bahkan, pembangunan infrastruktur, lanjut Rizal, juga belum meningkatkan kinerja ekspor nasional. Dalam 3 bulan berturut-turut, neraca perdagangan nasional tercatat mengalami defisit.

“Dampak infrastruktur seperti itu adalah ekspor menurun, punya produk impor, punya utang, itu ke depannya, akhirnya terdegradasi, pertumbuhan ekonomi tergerus oleh daya saing sendiri,” jelasnya.

Selain itu, Rizal menilai pembangunan infrastruktur nasional belum memikat daya tarik investor asing.

“Kalau ada aksesibilitas harusnya bergairah untuk membangun industri kisaran infrastruktur itu, nyatanya tidak begitu, cenderung ditolak. Nampaknya terdapat missmatch tadi, tentu bisa saja pada saat perencanaan, atau perencanaan tidak sesuai karena di lapangannya berbeda,” katanya.

Oleh karena itu, Rizal mengimbau pemerintah fokus pembangunan infrastruktur di berpotensi besar meningkatkan produktivitas industri.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here