PK Ahok Ditolak Hakim Artijo Alkostar

0
177
Basuki Tjahaja Purnama, the candidate in Jakarta governor election looks on during Peace Declaration ceremony for Wednesday election in Jakarta, Indonesia, April 17, 2017. REUTERS/Beawiharta

Jakarta, namalonews.com- Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya peninjauan kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ditolak oleh Mahkamah Agung (MA). Putusan itu diketok secara bulat oleh Hakim Artidjo Alkostar, Salman Luthan, dan Margiatmo, Senin (26/03/2018).

Sudah hampir 10 bulan terdakwa kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendekam di balik jeruji besi rutan Mako Brimob, Depok. Harapan Ahok untuk menghirup udara bebas lebih cepat melalui peninjauan kembali (PK) akhirnya pupus sudah

Perkara mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut memiliki nomor 11 PK/PID/2018 yang termasuk dalam kualifikasi penodaan agama. Perkara itu masuk ke MA pada 7 Maret 2018. Duduk sebagai Ketua Majelis Artidjo Alkostar, dengan anggota Hakim Agung Salman Luthan dan Hakim Agung Margiatmo.
Sebagaimana diketahui, Ahok divonis 2 tahun penjara oleh PN Jakut. Ia terbukti menista agama dalam sebuah pidatonya di Kepulauan Seribu. Ia mengajukan PK ke PN Jakarta Utara, yang salah satu memori PK-nya adalah vonis yang diterima Buni Yani. Namun kini MA menolak PK Ahok tersebut.

Butuh waktu hampir 9 bulan bagi Ahok sejak ditahan pada 9 Mei 2017 untuk mengajukan PK tersebut. Dengan adanya putusan MA ini Ahok kembali menjalani hukumannya hingga satu tahun kedepan.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here